Silabus Kelas VII

SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan   : SMP

Kelas/Semester        : VII/GANJIL

Kompetensi Inti       :

KI 1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam

berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,

seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah

abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang

sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER
1.1         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya1.2         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

1.3         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4  
2.1         Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi2.2         Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna

2.3         Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat

2.4         Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear

2.5         Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek

 

Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4
  1. I.                     TEKS HASIL OBSERVASI
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

  1. Pengenalan struktur teks hasil observasi

Struktur isi:

  • Judul
  • Klasifikasi umum
  • Deskripsi

Ciri Bahasa

  • Penggunaan kata sifat
  • Penggunaan kata kerja aksi
  • Penggunaan istilah-istilah teknis
  1. Pemahaman Isi Teks Hasil Observasi

 

Mengamati :

  • Memahami keadaan alam melalui sajian puisi, gambar, nyanyian dan atau tayangan
  • Membaca teks hasil observasi dengan cermat dan menjawab pertanyaan

Menanya

  • mempertanyakan tentang teks hasil observasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)

Mengeksplorasikan

  • Mendiskusikan  struktur isi teks hasil observasi
  • Mendiskusikan  ciri bahasa teks hasil observasi

Mengasosiasikan

  • Menemukan contoh teks hasil observasi dengan pemahaman

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
  • Menanggapi hasil presentasi secara santun
  • Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil observasi

(pertanyaan literal,

inferensial, integratif, dan

kritis)

  • Saling menilai kebenaran jawaban teman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menenmukan contoh teks hasil observasi
    • Tugas kelompok, menentukan  struktur isi dan ciri bahasa teks hasil observasi
    • Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks hasil observasi

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi
  • Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks observasi dan menjawab/ mengajukan pertanyaan tentang isi teks hasil observasi
    • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

 

1x6jp
  • Contoh teks hasil observasi dari internet
  • Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.2     Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

 

  1. Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari struktur isi
  2. Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari fitur bahasanya
Mengamati

  • Membaca teks hasil observasi dengan cermat
  • Membaca contoh teks deskripsi

Menanya

  • mendorong siswa mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi

Mengeksplorasi

  • Mendiskusikan persamaan teks hasil observasi dan deskripsi dari struktur isinya
  • Mendiskusikan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dari  fitur bahasanya

Mengasosiasi

  • Mengidentifikasi teks-teks yang hasil observasi yang pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman

Mengomunikasi

  • Mempresentasikan hasil diskusi  tentang persamaan dan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menemukan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
    • Tugas kelompok, menentukan  perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks hasil observasi dengan teks deskripsi
    • Tes tertulis, menemukan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menemukan contoh teks hasil observasi
    • Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks observasi dan deskripsi
    • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
1x6jp
  • Contoh teks hasil observasi dari internet
  • Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

Klasifikasi teks hasil observasi:

  • teks laporan (report text)
  • teks berita
Mengamati

  • Membaca dua buah teks hasil observasi dan teks berita secara cermat

Menanya

  • Mendorong siswa mengungkapkan hal yang berkaitan dengan teks laporan

Mengeksplorasikan

  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks
  • Mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks laporan dengan memberikan alasan
  • Mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks berita dengan memberikan alasan

Mengasosiasikan

  • Menjelaskan teks observasi yang pernah dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi  tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menentukan manakah teks hasil observasi yang berupa laporan dan berita.
  • Tugas kelompok, menentukan manakah teks hasil observasi yang berupa laporan dan berita

 

Bentuk Instrumen:

  • Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks hasil observasi yang berupa laporan dan berita
  •  Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam menanggapi hasil presentasi
1x6jp
  • Contoh teks hasil  observasi dari internet
  • Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

  1. Kelebihan teks hasil observasi dari aspek isi dan bahasanya
  2. Kekurangan teks teks hasil observasi dari aspek isi dan bahasanya

 

Mengamati

  • Membaca teks hasil observasi dengan cermat
  • Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks hasil observasi

Menanya

  • Menyanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi (struktur dan cirri-ciri bahasa)

Mengeksplorasikan

  • Membaca teks hasil observasi  (yang struktur dan ciri-ciri bahasanya) kurang sesuai
  • Mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks hasil observasi yang ditemukan secara jujur

Mengasosiasikan

  • Mengidentifikasi kekurangan pada teks laporan yang pernah dibaca/didengar

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang kekurangan teks observasi (dari segi struktur dan cirri bahasa) dengan penuh rasa percaya diri
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi
  • Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurang-an teks hasil observasi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi
1X 6jp
  • Contoh teks hasil observasi dari internet
  • Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.1         Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Pemahaman kata, istilah dalam teks hasil observasi
  2. Pemahaman isi teks hasil observasi
Mengamati

  • Membaca teks hasil observasi

Menanya

  • Menanya tentang makna kalimat atau kata dalam teks hasil observasi

Mengeksplorasikan

  • Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks hasil observasi yang dibaca
  • Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil observasi

(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasikan

  • Membuat kalimat  dengan makna yang sama

Mengomunikasikan

  • Menjelaskan peran pemilihan kata/kalimat dalam menyampikan makna/tujuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menjawab/mengajukan  pertanyaan isi teks hasil observasi
  • Tugas kelompok, menemukan makna kata-kata sulit dan istilah dalam teks hasil observasi yang dibaca

 

Bentuk Instrumen:

  • Tes tulis menjawab/mengjaukan pertanyaan isi teks hasil observasi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban teman
1X 6jp
  • Contoh teks observasi dari internet
  • Contoh teks observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.2         Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan

 

Langkah Menyusun teks hasil observasi

  • memilih objek pengamatan
  • Mengamati objek
  • Menentukan judul
  • Menulis klasifikasi umum
  • Menjabarkan deskripsi unsur-unsur penting dari objek yang diamati
Mengamati

(1)      berkelompok

  • Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan laporan observasi
  • Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat

Menanya

  • Menanyakan draft tulisan laporan hasil observasi

mengeksplorasikan

  • Menentukan judul tulisan
  • Menulis klasifikasi umum
  • Menjabarkan deskripsi unsur-unsur penting dari objek yang diamati dengan kalimat efektif
  • Menuliskan bagian penutup laporan observasi dengan kalimat efektif

Mengomunikasikan

  • Membacakan hasil tulisan di depan teman-teman dengan percaya diri
  • Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan

(2)      Individu

  • Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan laporan observasi
  • Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat

Menanya

  • Menanyakan draft tulisan laporan hasil observasi

mengeksplorasikan

  • Menentukan judul tulisan
  • Menulis klasifikasi umum
  • Menjabarkan deskripsi unsur-unsur penting dari objek yang diamati dengan kalimat efektif
  • Menuliskan bagian penutup laporan observasi dengan kalimat efektif

Mengomunikasikan

  • Membacakan hasil tulisan di depan teman-teman dengan percaya diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menyusun teks hasil observasi
  • Tugas kelompok, menyusun teks hasil observasi

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menyusun teks hasil observasi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks hasil observasi
2x6jp
  • Contoh teks observasi dari internet
  • Contoh teks observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.3     Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Aspek penelahaan teks hasil observasi
  • Menelaah judul teks hasil observasi
  • Menelaah klasifikasi umum teks hasil observasi
  • Menelaah deskripsi teks hasil observasi
  • Menelaah bahasa teks hasil observasi: diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
  1. Merevisi isi dan bahasa teks hasil observasi
Mengamati

  • Membaca teks hasil observasi yang telah ditulis dan atau dibacakan teman/kelompok lain

Menanya

  • Menanya tentang teks hasil observasi yang ditulis teman (isi,struktur, cirri bahasa)

Mengeksplorasikan

  • Menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis teman/kelompok lain dari aspek judul, klasifiaksi umum, dan deskripsi, secara jujur
  • Merevisi teks hasil observasi sesuai degan hasil penelaahaan

Mengomunikasikan

  • Menjelaskan hasil penelaahan terhadap teks yang dibuat teman/kelompok untuk perbaikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menelaah teks hasil observasi yang ditulis teman
  • Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks hasil observasi yang ditulis kelompok lain

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menelaah dan merevisi  teks hasil observasi yang ditulis teman/kelompok lain
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks hasil observasi milik teman/kelompok lain
1x6jp
  • Contoh teks observasi dari internet
  • Contoh teks observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

Langkah menyusun ringkasan:

  • membaca teks hasil observasi
  • mengidentifikasi intisari teks mulai dari klasifikasi umum dan deskripsi
Mengamati

  • Membaca teks hasil observasi secara cermat

Menanya

  • Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan meringkas bacaan teks hasil observasi

Mengeksplorasikan

  • Mengidentifikasi intisari teks mulai dari klasifikasi umum dan deskripsi
  • Menyusun intisari teks hasil observasi dalam bentuk peta konsep

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil ringkasan dengan lugas
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok secara santun

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, meringkas teks hasil observasi
  • Tugas kelompok, meringkas teks hasil observasi

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, meringkas teks hasil observasi dalam bentuk peta konsep
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi presentasi teman/kelompok lain
1x6jp
  • Contoh teks observasi dari internet
  • Contoh teks observasi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks

TEKS DESKRIPSI

1.11.2

1.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

  1. Pengenalan struktur teks deskripsi

Struktur isi:

  • Judul
  • Kalimat topik
  • Deskripsi rinci/khusus seolah pembaca mendengar/melihat/merasa-kan objek yang dideskripsikan

Ciri Bahasa

  • Penggunaan kata sifat penggunaan kata kerja aksi
  1. 2. Pemahaman Isi Teks deskripsi

 

Mengamati :

  • Mengamati suatu objek (benda mati atau benda hidup) yang ada di sekitar

Menanya

  • menanya tentang cara mendeskripsikan sebuah objek

Mengeksplorasikan

  • Membaca teks deskripsi dengan cermat
  • Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil observasi

(pertanyaan literal,

inferensial, integratif, dan

kritis)

  • Mendiskusikan  struktur isi teks deskripsi
  • Mendiskusikan  ciri/fitur bahasa teks deskripsi

Mengasosiasikan

  • Menemukan contoh teks hasil deskripsi  yang mirip

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
  • Menanggapi hasil presentasi secara santun
  • Saling menilai kebenaran jawaban teman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menenmukan contoh teks deskripsi
    • Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi
    • Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks deskripsi

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi
  • Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi dan menjawab /mengajukan pertanyaan tentang isi teks deskripsi
    • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

 

1x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

 

  1. Perbedaan teks deskripsi dengan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi
  2. Perbedaan teks deskripsi dengan teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanya
Mengamati

  • Membaca teks hasil deskripsi dengan cermat

Menanya

  • mendorong siswa mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks deskripsi

Mengeksplorasi

  • Mendiskusikan persamaan teks hasil deskripsi dan observasi dari struktur isinya
  • Mendiskusikan perbedaan teksi deskripsi  dan observasi dari  fitur bahasanya

Mengasosiasi

  • Mengidentifikasi teks-teks hasil deskripsi  yang mirip yang pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman yang diperoleh (struktur dan ciri bahasa)

Mengomunikasi

  • Mempresentasikan hasil diskusi  tentang persamaan dan perbedaan teks hasil deskripsi  dan observasi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menemukan perbedaan teks deskripsi dan hasil observasi  dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
    • Tugas kelompok, menemukan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi dengan teks hasil observasi
    • Tes tertulis, menemukan perbedaan teks deskripsi dan hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menemukan contoh teks deskripsi
    • Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks observasi dan deskripsi
    • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mempresentasikan dan menanggapi presentasi
1x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

Klasifikasi teks deskripsi:

  • deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan yang muncul, misalnya galak, sedih, gembira)
  • deskripsi eksplanatori (sesuai dengan fakta: tempat, orang, suasana)

 

Mengamati

  • Membaca dua buah teks hasil  deskrispsi (sugesti dan eksplanatori) secara cermat

Menanya

  • Mendorong siswa mengungkapkan hal yang berkaitan dengan cara penggambaran pada teks deskripsi

Mengeksplorasikan

  • Membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks deskripsi
  • Mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan)  dengan memberikan alasan
  • Mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori deskripi eksplanatori (berdasarkan fakta/tempat/orang/suasana dengan memberikan alasan

Mengasosiasikan

  • Mengidentifikasi teks deskripsi yang pernah dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi  tentang teks deskrispsi (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menentukan manakah teks deskripsi  yang berupa deskripsi sugesti dan eksplanatori
  • Tugas kelompok, menentukan manakah teks deskripsi yang berupa deskripsi sugesti dan ekaplanatori

Bentuk Instrumen:

  • Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks deskripsi sugesti dan eksplanatori
  •  Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam menanggapi hasil presentasi
1x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak

Buku referensi tentang genre teks

1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

  1. Kelebihan teks deskripsi dari aspek isi dan bahasanya
  2. Kekurangan teks teks deskripsi dari aspek isi dan bahasanya

 

Mengamati

  • Membaca teks deskripsi dengan cermat
  • Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks hasil deskripsi

Menanya

  • Menyanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks deskripsi (struktur dan ciri-ciri bahasa)

Mengeksplorasikan

  • Membaca teks deskripsi  (struktur dan ciri-ciri bahasanya) kurang sesuai
  • Mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks deskripsi yang ditemukan secara jujur

Mengasosiasikan

  • Mengidentifikasi teks deskripsi yang pernah dibaca/didengar dan mengidentifikasi kekurangannya

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang kekurangan teks deskripsi (dari segi struktur dan ciri bahasa) dengan penuh rasa percaya diri
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
  • Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
1x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.1     Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Pemahaman kata, istilah dalam teks deskripsi
  2. Pemahaman isi teks deskripsi
Mengamati

  • Membaca teks hasil observasi melalui pemodelan

Menanya

  • Menanya tentang makna kalimat atau kata dalam teks deskripsi

Mengeksplorasikan

  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks deskripsi yang dibaca
  • Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca
  • Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks deskripsi

(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasikan

  • Membuat kalimat  dengan makna yang sama

Mengomunikasikan

  • Menjelaskan peran pemilihan kata/kalimat dalam menyampaikan makna/tujuan

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks deskripsi
  • Tugas kelompok, menemukan makna kata-kata sulit dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca

 

Bentuk Instrumen:

  • Tes tulis menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
  • format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban teman
1x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.1         Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan

 

Langkah Menyusun teks deskripsi

  • Memilih objek pengamatan
  • Mengamati objek
  • Menentukan judul
  • Menulis kalimat topik
  • Menyusun deskripsi sesuai dengan kalimat topik secara rinci/khusus seolah pembaca mendengar /melihat/merasakan objek yang dideskripsikan
Mengamati

  • berkelompok
  • Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan deskripsi
  • Mengamati  dan atau membaca objek dengan cermat

Menanya

  • Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan  langkah menyusun teks deskripsi

Mengeksplorasikan

(1)      berkelompok

  • Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
  • Menentukan judul tulisan
  • Menulis kalimat topik
  • Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan

Mengomunikasikan

  • Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
  • Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan

(2)      Individu

  • Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
  • Menentukan judul tulisan
  • Menulis kalimat topik
  • Menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan

Mengomunikasikan

  • Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan teman-teman dengan percaya diri
  • Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan yang telah dibuat untuk perbaikan

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menyusun teks deskripsi
  • Tugas kelompok, menyusun teks deskripsi

 

 

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menyusun teks deskripsi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks deskripsi
2x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.2         Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Aspek penelahaan teks deskripsi
  • Menelaah judul teks deskripsi
  • Menelaah kalimat topik teks deskripsi
  • Menelaah deskripsi teks deskripsi
  • Menelaah bahasa teks deskripsi: struktur kalimat, ejaan, tanda baca

5         Merevisi isi dan bahasa teks deskripsi

Mengamati

  • Membaca teks deskripsi yang telah ditulis dan atau dibacakan teman/kelompok lain

Menanya

  • Menanya tentang isi teks deskripsi yang ditulis teman

Mengeksplorasikan

(1)      berkelompok

  • Menelaah teks deskripsi yang telah ditulis kelompok  lain dari aspek judul, kalimat topic, dan cara pendeskrispsian secara cermat
  • Menelaah teks deskripsi dari segi pemakaian bahasa (ejaan dan tanda baca)
  • Merevisi teks deskripsi sesuai dengan hasil penelaahaan kelompok lain

Mengomunikasikan

  • Membacakan teks deskripsi yang telah mendapat revisi dari kelompok lain

(2) individu

  • Menelaah teks deskripsi yang telah ditulis diri sendiri  dari aspek judul, kalimat topic, dan cara pendeskrispsian secara cermat
  • Merevisi teks deskripsi sesuai dengan hasil penelaahaan

Mengomunikasikan

  • Membacakan teks deskripsi di depan dengan percaya diri
  • Menanggapi saran teman dengan santun dan menerima saran perbaikan dari teman untuk perbaikan tulisan

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menelaah teks deskripsi yang ditulis teman
  • Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks deskripsi yang ditulis kelompok lain

 

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menelaah dan merevisi  teks deskripsi yang ditulis teman/kelompok lain
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks deskripsi milik teman/kelompok lain
1x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

Langkah menyusun ringkasan:

  • membaca teks deskripsi
  • mengidentifikasi intisari teks mulai dari kalimat topik dan deskripsi
Mengamati

  • Membaca teks deskripsi secara cermat

Menanya

  • Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara meringkas bacaan teks deskripsi

Mengeksplorasikan

1 (berkelompok)

  • Membaca kembali teks deskripsi yang telah dibuat dalam kelompok
  • Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topic dan pendeskripsian
  • Menyusun ringkasan teks deskripsi

Mengomunikasikan

  • Membacakan ringkasan yang telah dibuat
  • Menerima masukan teman untuk perbaikan ringkasan
  1. (individu)
  • Membaca kembali teks deskripsi yang telah dibuat
  • Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topic dan pendeskripsian
  • Menyusun ringkasan teks deskripsi

Mengomunikasikan

  • Membacakan ringkasan yang telah dibuat
  • Menerima masukan teman untuk perbaikan ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, meringkas teks deskripsi
  • Tugas kelompok, meringkas teks deskripsi

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, meringkas teks deskripsi dalam bentuk peta konsep
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi saran teman/kelompok lain serta ketekunan dalam mengerjakan tugas
2x6jp
  • Contoh teks deskripsi dari internet
  • Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks

TEKS EKSPOSISI

1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

1. Pengenalan struktur Teks eksposisi

Struktur isi:

  • Judul
  • Tesis
  • Argumen
  • Simpulan

Ciri Bahasa

  • Menggunakan kata yang menunjukkan sikap penulis
  • Menggunakan kata sambung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat

2. Pemahaman isi teks eksposisi

 

Mengamati :

  • Memperhatikan gambar/tayangan/sajian puisi suatu topik dan bertanya jawab
  • Membaca teks eksposisi melalui pemodelan dengan cermat

Menanya

  • mempertanyakan tentang teks eksposisi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)

Mengeksplorasikan

  • Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksposisi

(pertanyaan literal,

inferensial, integratif, dan

kritis)

  • Mendiskusikan  struktur isi teks eksposisi (judul, tesis, argument, simpulan)
  • Mendiskusikan  ciri bahasa teks eksposisi (kata/kalimat yang menunjukkan sikap penulis, pemakaian kata sambung untuk menunjukkan hubungan sebab akibat)

Mengasosiasikan

  • Menemukan kalimat yang menunjukkan sikap penulis dan membuat kalimat lain dengan bentuk yang berbeda

Mengomunikasikan

  • Menjelaskan  teks eksposisi dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
  • Menjelaskan fungsi teks ekspoisisi dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menemukan contoh teks eksposisi
    • Tugas kelompok, menemukan  struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi
    • Tes tertulis, menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksposisi

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi
  • Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi dan menjawab/mengajukan  pertanyaan tentang isi teks eksposisi
    • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

 

1x6jp
  • Contoh teks eksposisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.2     Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

 

  1. Perbedaan teks eksposisi argumentatif dan persuasif dilihat dari struktur isi
  2. Perbedaan Teks eksposisi argumentatif dan persuasif i dilihat dari fitur bahasanya
Mengamati

  • Membaca teks eksposisi argumentatif dengan cermat
  • Membaca teks eksposisi persuasif dengan cermat

Menanya

  • mendorong siswa mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan teks eksposisi persuasif

Mengeksplorasi

  • Mendiskusikan persamaan teks eksposisi argumentatif  dari struktur isi dan ciri-ciri bahasa
  • Mendiskusikan perbedaan teks eksposisi persuasif dari  struktur dan fitur bahasanya

Mengasosiasi

  • Mengidentifikasi teks-teks eksposisi yang pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman (struktur dan ciri bahasa)

Mengomunikasi

  • Mempresentasikan hasil diskusi  tentang persamaan dan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan persuasif dengan data yang mendukung (kutipan frasa atau kalimat) dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan persuasif dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
  • Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan persuasif 
  • Tes tertulis, menemukan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan persuasigf   dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menemukan contoh teks eksposisi
    • Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan persuasif
    • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
1x6jp Contoh teks eksposisi dari internet

  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

Klasifikasi teks eksposisi

  1. Eksposisi argumentative
  2. Eksposisi persuasif
Mengamati

  • Membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan eksposisi persuasif  secara cermat

Menanya

  • Mendorong siswa mengungkapkan hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks eksposisi

Mengeksplorasikan

  • Membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks ekposisi
  • Mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksposisi argumentatif  dan peruasif disertai alas an dan data dukung

Mengasosiasikan

  • Mengidentifikasi teks eksposisi yang pernah dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami

Mengomunikasikan

  • Menjelaskan  klasifikasi teks eksposisi argumentatif dan persuasivfdari segi struktur  dan ciri-ciri bahasa

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menentukan teks eskposisi dengan alas an dan data dukung

Bentuk Instrumen:

  • Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks eksposisi
  •  Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri dan kesantunan dalam menjelaskan pemahaman
1x6jp
  • Contoh teks eksposisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak

Buku referensi tentang genre teks

1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

  1. Kelebihan teks hasil eksposisi dari aspek isi dan bahasanya
  2. Kekurangan teks teks eksposisi dari aspek isi dan bahasanya

 

Mengamati

  • Membaca teks eksposisi dengan cermat
  • Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks eksposisi

Menanya

  • Mendorong siswa mengungkapkan hal-hal yang berkaitan dengan pengidentifikasian kekurangan dan kelebihan sebuah teks eksposisi yang dimodelkan

Mengeksplorasikan

  • Mendiskusikan kelebihan/kekurangan sebuah teks eksposisi dari segi struktur dan ciri bahasa

Mengasosiasikan

  • Menemukan teks eksposisi yang mirip yang pernah dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami

Mengomunikasikan

  • Mempresentasikan hasil diskusi  tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
  • Menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
  • Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi

 

Bentuk Instrumen:

  • Unjuk  kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
1x6jp
  • Contoh teks eksposisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Pemahaman kata, istilah dalam teks eksposisi
  2. Pemahaman isi teks eksposisi
Mengamati

  • Membaca teks eksposisi dengan cermat

Menanya

  • Menanya tentang kata atau istilah  dalam teks eksposisi untuk memperjelas pemahaman

Mengeksplorasikan

  • Mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksposisi yang dibaca
  • Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksposisi

(pertanyaan literal,

inferensial, integratif, kritis)

  • Mengidentifikasi sebuah kalimat pada teks eksposisi dan menjelaskan maknanya serta memberi alasan mengapa penulis memakai kata/istilah/kalimat tersebut (efek yang ditimbulkan kepada pembaca).

Mengasosiasikan

  • Menemukan kata atau istilah yang sama dalam teks eksposisi dan menggunakannya dalam kalimat

Mengomunikasikan

  • Menjelaskan isi teks eksposisi secara lisan dengan bahasa yang runtut
  • Menjelaskan fungsi pemakaian kata atau istilah tertentu dalam teks eksposisi

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksposisi
  • Tugas kelompok, menemukan makna kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksposisi yang dibaca

 

Bentuk Instrumen:

  • Tes tulis menjawab/mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksposisi
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban teman
1x6jp
  • Contoh teks eksposisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.2     Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan

 

Langkah Menyusun Teks eksposisi

  • Menentukan thesis
  • Menyusun argumen pendukung thesis
  • Menyusun simpulan

 

Mengamati

  • Mengamati masalah yang terjadi di sekitar melalui gambar, tayangan, puisi, atau lagu

Menanya

  • Menanya tentang cara menyusun teks eksposisi

Mengeksplorasi

  1. (berkelompok)
  • Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks eksposisi
  • Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
  • Menentukan thesis
  • Menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
  • Membuat kesimpulan tulisan

Mengasosiasi

  • Menemukan teks eksposisi yang mirip dengan memperhatikan struktur dan ciri-ciri bahasanya

Mengomunikasikan

  • Membacakan tulisan eksposisi yang telah dibuat
  • Menananggapi saran teman dari kelompok lain berkaitan dengan struktur dan isi teks
  1. (individu)
  • Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks eksposisi
  • Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
  • Menentukan thesis
  • Menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
  • Membuat kesimpulan tulisan

Mengasosiasi

  • Menemukan teks eksposisi yang mirip dengan memperhatikan struktur dan ciri-ciri bahasanya

Mengomunikasikan

  • Membacakan tulisan eksposisi yang telah dibuat
  • Menananggapi saran teman dari teman lain berkaitan dengan struktur dan isi teks

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menyusun teks eksposisi
  • Tugas kelompok, menyusun teks eksposisi

 

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menyusun teks eksposisi secara keolompok dan individu
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks eksposisi
2x6jp
  • Contoh teks eksposisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.3     Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Aspek penelahaan Teks eksposisi
  • Menelaah judul teks eksposisi
  • Menelaah thesis teks eksposisi
  • Menelaah argumen pendukung thesis
  • Menelaah bahasa teks eksposisi: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
  1. Merevisi isi dan bahasa teks eksposisi
(1)      Berkelompok

Mengamati

  • membaca teks eksposisi yang telah ditulis kelompok lain

Menanya

  • Menanya tentang hal yang berkaitan dengan cara penelaahan teks eksposisi

Mengeksplorasikan

  • Mendiskusikan cara menelaah teks eksposisi
  • Menelaah teks eksposisi yang ditulis kelompok  lain dari segi judul dan merevisinya bila kurang sesuai
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dituli kelompok lain dari segi thesis dan merevisinya  bila kurang sesuai
  • Menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok lain  dari segi argumen pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
  • Menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok laindari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca dari segi

Mengomunikasikan

  • Membacakan hasil telaah teks eksposisi di depan teman-teman dengan percaya diri

(2)      Individu

Mengamati

  • membaca teks eksposisi melalui pemodelan

Menanya

  • Menanya tentang hal yang berkaitan dengan cara penelaahan teks eksposisi

Mengeksplorasikan

  • Mendiskusikan cara menelaah teks eksposisi
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca dari segi judul dan merevisinya bila kurang sesuai
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca dari segi thesis dan merevisinya  bila kurang sesuai
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca dari segi argument pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat
  • Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca dari segi

Mengomunikasikan

  • Membacakan hasil telaah teks eksposisi di depan teman-teman dengan percaya diri

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, menelaah teks eksposisi yang ditulis teman
  • Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks eksposisi yang ditulis kelompok lain

 

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, menelaah dan merevisi  teks eksposisi yang ditulis teman/kelompok lain
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks  eksposisi milik teman/kelompok lain
1x6jp
  • Contoh teks eksposisisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
1.21.3

2.1

2.2

2.3

2.4.

2.5

4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

Langkah menyusun ringkasan:

  • membaca Teks eksposisi
  • mengidentifikasi intisari teks mulai dari thesis, argumen, dan simpulan
Mengamati

  • Membaca teks hasil eksposisi yang telah ditulis dan atau dibacakan teman/kelompok lain

Menanya

  • Menanya tentang cara meringkas  teks eksposisi

Mengeksplorasikan

1. (berkelompok)

  • Membaca kembali teks eksposisi yang telah dibuat dalam kelompok
  • Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topic dan pendeskripsian
  • Menyusun ringkasan teks eksposisi dengan memperhatikan pokok-pokok isi

Mengomunikasikan

  • Membacakan ringkasan teks eksposisi yang telah dibuat
  • Menerima masukan teman untuk perbaikan ringkasan

2.(individu)

  • Membaca kembali teks eksposisi yang telah dibuat
  • Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topic dan pendeskripsian
  • Menyusun ringkasan teks eksposisi  dengan memperhatikan pokok-pokok isi

Mengomunikasikan

  • Membacakan ringkasan teks yang telah dibuat
  • Menerima masukan teman untuk perbaikan ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu, meringkas teks eksposisi
  • Tugas kelompok, meringkas teks eksposisi

 

Bentuk Instrumen:

  • Uji petik kerja, meringkas teks eksposisi dalam bentuk peta konsep
  • Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi presentasi teman/kelompok lain
1x6jp
  • Contoh teks eksposisi dari internet
  • Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s