Bedah Skl 1

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TAHUN 2012/2013

 

  1. Indikator SKL   : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut

 

Soal  :

Bacalah paragraf berikut!

 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.

 

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

  1. tujuan survei satwa endemik Sulawesi
  2. survei satwa endemik Sulawesi
  3. metode survei satwa endemik
  4. tempat survei satwa endemik

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

 

Kata kunci: Di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.(menyurvei dua satwa Sulawesi). Kata yang merujuknya: Aktivitas itu …. (kalimat kedua);  Survei menggunakan …. (kalimat ketiga)

 

  1. Indikator SKL   : Menentukan persamaan isi berita

Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut

 

Soal  :

Bacalah kutipan berita berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!

 

 

Teks berita I

Sekitar 7.000 hektar hutan mangrove hancur di kawasan Laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Kasus itu terjadi sejak tahun 1984 sehingga menghancurkan berbagai biota laut dan tempat pemijahan puluhan jenis ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.

Teks berita II

Warga pendatang dari Ciamis, Jawa Barat, membabati mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi areal pertanian. Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu mangrove sebagai material bahan bangunan. Hal itu menyebabkan hutan  mangrove semakin terancam kepunahan.

Kesamaan informasi teks berita tersebut adalah ….

  1. upaya penyelamatan hutan mangrove
  2. pemanfaatan biota di hutan mangrove
  3. terancam punahnya hutan mangrove
  4. penanaman kembali hutan mangrove

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.

 

Kata-kata yang dirujuk:

Teks I: Kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.

Teks II: Hal itu menyebabkan hutan  mangrove semakin terancam kepunahan.

 

  1. Indikator SKL   : Menentukan perbedaan penyajian berita

Indikator Soal    : menentukan perbedaan penyajian berita tersebut

 

Soal  :

Perbedaan penyajian kedua kutipan berita tersebut adalah …

  1. Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan di mana
  2. Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan siapa
  3. C.       Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan siapa
  4. Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan apa

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.

 

Teks berita I: Peristiwa apa? Sekitar 7.000 hutan mangrove hancur

Teks berita II: Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Warga pendatang dari Ciamis

 

 

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh

 

Soal  :

Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!

 

Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi  biografi tersebut adalah ….

  1. Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
  2. Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
  3. Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
  4. Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya.  Dalam hal ini, Riana Helmi lulus menjadi dokter sebelum usia 18 tahun.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang dapat diteladani

 

Soal  :

Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah ….

  1. tinggi hati dan ramah
  2. rendah hati dan ramah
  3. sombong dan rendah hati
  4. tinggi hati dan sombong

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.

Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.

 

 

  1. Indikator SKL      : Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat                          fakta/opini

 

Soal  :

Perhatikan iklan berikut!

 

1)      Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH

2)      Hanya 500 ribu sampai bisa

3)      Tersedia tiga level

4)      Untuk semua level, gratis pengulangan

5)      Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang

 

Kalimat opini  pada iklan tersebut ditandai nomor ….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 4
  3. 3 dan 4
  4. 3 dan 5

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Pendapat=opini adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya. Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat  Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya pada kalimat Hanya 500 ribu sampai bisa.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah satu kalimat dalam iklan tersebut.

 

Soal  :

 

Hati-hati berkendaraan. Patuhi aturan nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah harapan warga kota.

Maksud kalimat kedua pada iklan tersebut adalah …

  1. Seharusnya kita sadar akan aturan lalu lintas sehingga harapan warga terpenuhi.
  2. Kalau kita menaati aturan lalu lintas, akan selamatlah warga kota.
  3. Seharusnya semua orang menaati aturan lalu lintas agar selamat.
  4. Kalau kita mematuhi aturan lalu lintas, di jalan akan nyaman.

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah D.

  1. Indikator SKL      : Menyimpulkan isi paragraf

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut

 

Soal  :

 

Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah …

  1. Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
  2. Sepeda sebagai alat transportasi modern.
  3. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
  4. Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

Bukti data: Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); anak-anak .., para remaja, orang dewasa orang-orang yang beranjak tua senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan (kalimat ketiga)

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi grafik tersebut.

 

Soal  :

Cermati grafik  pertumbuhan ekonomi dan pengangguran di Indonesia berikut!

 

Penjelasan  yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah …

  1. Angka pengangguran paling banyak terjadi pada tahun 2004
  2. Tingkat pertumbuhan ekonomi pada tahun 2003 dan 2005 sebanding,
  3. Tahun 1997 pertumbuhan ekonomi dan jumlah pengangguran seimbang.
  4. Pertumbuhan ekonomi sebanding dengan angka pengangguran tahun 1999.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Menurut grafik batang tersebut, pada tahun 2003 tingkat pertumbuhan ekonomi sebanding dengan  2005.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi             tabel tersebut

 

Soal  :

Perhatikan tabel berikut!

Jumlah buku di Perpustakaan Gemar

 

No. Jenis Judul Eksemplar
1 Cerita anak-anak 42 134
2 Novel remaja 38   80
3 Roman 19   42
4 Dongeng 64   70
Jumlah      163 326

 

Simpulan isi tabel tersebut adalah …

  1. Buku cerita anak-anak terbanyak judulnya.
  2. Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
  3. Jumlah terbanyak adalah buku cerita anak-anak.
  4. Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku cerita anak), sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi bagan tersebut

 

Soal  :

 

BAGAN PANITIA PERPISAHAN

 

 

 

Perhatikan bagan berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah …

  1. Kedudukan wakil ketua sejajar dengan  bendahara.
  2. Seksi acara bertanggung jawab kepada sekretaris.
  3. Sekretaris dan bendahara memiliki kedudukan yang sama.
  4. Jika dibandingkan ketua, kedudukan wakil ketua lebih tinggi.

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Menurut bagan tersebut kedudukan sekretaris sama dengan bendahara.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif

 

Soal  :

 

Perhatikan denah berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

U

 

 

 

 

 

 

 

 

Perjalanan yang paling efektif menuju stadion olahraga dari sekolah adalah dari …

  1. Jalan Mars ke barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.
  2. Jalan Mars ke selatan menuju kantor pos lalu ke ke barat ke Jalan Merkurius.
  3.  Sekolah ke Jalan Mars, ke barat ke Jalan Bumi lalu ke utara ke Jalan Merkurius.
  4. Jalan Matahari melewati rumah sakit di Jalan Venus lalu ke barat ke Jalan Merkurius.

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Rute paling efektif adalah rute terdekat berdasarkan denah dengan melalui Jalan Mars ke barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah puisi, siswa dapat :

– menentukan tema puisi tersebut.

Soal  :

Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomor 13 dan 14!

 

Gempa Bumi

Bumi bergoyang tanah bergetar

Rumah-rumah roboh

Orang-orang berlarian

Gempa bumi

Bila datang harus waspada

Bila ada harus siaga

Larilah keluar rumah

Gempa bumi

Tak dapat dihindari

Berdoalah kepada Tuhan

Agar  engkau dilindungi

Tema kutipan puisi tersebut adalah ….

  1. korban bencana alam
  2. lokasi bencana alam
  3. waspada gempa bumi
  4. pertanda datang bencana

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Data pendukung:  bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Indikator Soal    : menentukan larik bermajas pada puisi tersebut

Soal  :

Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik ….

  1. pertama bait pertama
  2. kedua bait pertama
  3. keempat bait kedua
  4. ketiga bait ketiga

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Data pendukung: bumi bergoyang tanah bergetar. Larik ini menggunakan majas personifikasi.

 

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan

                               pesan kedua puisi tersebut.

 

Soal  :

Bacalah kedua kutipan puisi berikut!

 

Puisi 1

Puisi 2

Terima kasih Tuhan

untuk burung yang berkicauan di pohon

memuji kebesaran-Mu

untuk bunga yang merekah

dan  untuk embun yang bersinar di atasnya untuk matahari yang cerah

udara yang sejuk

untuk semua karunia-Mu

terlalu indah bagi umat-Mu

Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini

Jangankan biarkan limbah mengalir

ke sungaiku yang jernih

ke pantaiku yang tenang

ke lautku yang riang

di sana ada dermaga dan angin

tempat nelayan menggenggam harapan

tempat camar sebelum pulang

jangan biarkan limbah merusak semuanya

 

Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ….

 

Puisi 1

Puisi 2

A Mari, kita tingkatkan kepedulian! Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
B Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME Harapan menjaga kelestarian lingkungan
C Harapan menjaga kelestarian alam Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
D Jangan menyia-nyiakan kesempatan! Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Data pendukung: dicantumkannya alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat:

  • menentukan latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut.

Soal  :

 

(1)“Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku lumpuh.”

(2)“Mana mungkin aku begitu…!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”

(3)“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”

(4)Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.

Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

  1. di tengah laut
  2. di pantai
  3. di rumah Dayu
  4. di jalan

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Latar dalam cerita tersebut adalah di pantai. Hal ini didukung oleh bagian (4) cerita tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih … Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut …

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut

 

Soal  :

Bukti tokoh Airin penyayang terdapat pada bagian ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Bukti bahwa Airin memiliki watak penyayang adalah pada pernyataan “Mana mungkin aku begitu…!” … “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    :  Cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut

Soal  :

Pengarang menggambarkan watak tokoh dengan cara ….

  1. Percakapan tokoh lain
  2. Ucapan tokoh itu sendiri
  3. Langsung oleh pengarang
  4. Reaksi tokoh terhadap masalah

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Penggambaran watak tokoh diberikan melalui ucapan langsung dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan pada bagian (2) dalam cerita tersebut).

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita tersebut.

 

Soal  :

Cermatilah kutipan cerita anak berikut!

“Apa?! Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan …. Usir dia! ” teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu.              “Nyi Endit, kau memang benar-benar manusia kejam!” kata pengemis tua itu.                  “Mau apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.

Namun pengemis itu tetap diam tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan sedekah pada manusia melarat macam aku? Hm … sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat karena darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”

Amanat cerita tersebut adalah …

  1. Berusahalah untuk saling memahami keadaan orang lain.
  2. Berikanlah sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
  3. Janganlah menjadi orang yang hanya pandai meminta sesuatu.
  4. Berbuat baiklah kepada orang lain meskipun orang itu menyakiti kita.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang menyampaikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh agar orang yang mampu mau memberikan sedekah kepada orang yang layak menerimanya.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik kutipan cerita tersebut.

 

Soal  :

Bacalah kutipan cerita berikut!

 

Tapi juga siang itu, Luki tidak datang.Cemas betul hati Budi dan Iwan. Semula Budi sudah siap hendak melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya habis-habisan sahabatnya itu karena melalaikan janjinya seenaknya.

Tapi sekarang, segala kata-kata itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu dia ke mana perginya. Tidak pula akan sanggup dikumpulkannya kembali. Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?

Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah …

  1. Sampai siang Luki belum juga datang.
  2. Budi melontarkan caci maki kepada Luki.
  3. Luki tidak menepati janjinya kepada Budi.
  4. Saat tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.

Kunci              : D

Pembahasan  :

Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain. Awalnya tokoh Budi dan Iwan kesal dengan Luki yang ingkar janji, tetapi setelah berpikir lama akhirnya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.

Kata yang dirujuk: Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi  perbedaan karakteristik  dua novel

Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik novel tersebut.

 

Soal  :

Bacalah kedua kutipan novel berikut!

 

Novel 1

Novel 2

     Perkakas rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah ke rumah gadai.

Apabila Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, terasalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang perempuan yang pembantah.

Pangeran Purbaya bersama dua istri dan  seorang anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan sangat duka citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar.

 

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….

 

Pilihan

Novel 1

Novel 2

A

Latar tempat tidak jelas Latar tempat jelas

B

Penggambaran watak tokoh langsung digambarkan oleh pengarangnya Penggambaran watak tokoh berdasarkan pembicaraan tokoh lain

C

Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat

D

Terdapat tiga tokoh utama Terdapat empat tokoh utama

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas

 

 

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama

Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama, siswa dapat:

-menentukan suasana kutipan drama tersebut.

Soal  :

Ibu       : Maaf, saya menggangu. Apa ada yang melihat Samsudin?

Hani     : Samsudin?

Ibu       : Anak saya.

Hani     : Oh, si Sam. Ada apa?

Ibu       : Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.

Hani     : Apa tadi habis dimarahi?

Didi      : Tadi dia bermain di lapangan, Bu!

 

Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah ….

  1. mencemaskan
  2. menyedihkan
  3. mencekam
  4. menakutkan

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari tokoh Ibu yang mencemaskan anaknya yang belum pulang, padahal hari sudah malam.

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama

Indikator Soal    : – menentukan latar (waktu, tempat) drama tersebut

 

Soal  :

Latar waktu dalam drama tersebut adalah ….

  1. pagi
  2. siang
  3. sore
  4. malam

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Latar waktu tersirat dalam kalimat Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga. Ini mengindikasikan waktu malam hari.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis catatan pengalaman pada buku harian

Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut

 

 

 

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

 

Pada hari ini 17 Agustus 2012, Dea berbahagia karena menerima hadiah dan piala dari gubernur. Ia  menang lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta.

Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …

  1. Aduh betapa malunya aku menerima hadiah dan piala dari gubernur. Aku juara I lomba baca puisi antarsiswa.
  2. Aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi se-Jakarta. Aku sangat senang menerima ini semua.
  3. Aku memenangkan lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta. Aku menerima hadiah dan piala.
  4. Tanggal 17 Agustus 2012, aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi. Aku juara I tingkat SMP se-Jakarta. Betapa bahagianya aku.

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Pelaku: Dea: peristiwa: Dea mengikuti lomba baca puisi, menjadi juara I, ia mendapat hadiah dan piala dari gubernur.

Bahasa ekspresi: menggunakan kata ganti aku dan sesuai data tersebut.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis isi pesan singkat sesuai konteks

Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut

 

Soal                 :

Perhatikan ilustrasi berikut!

Kepala sekolah memberikan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.

Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
  2. Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
  3. Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan bakti sosial.
  4. Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.

 

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Pesan singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang diberikan terdapat pada pilihan (B).

 

  1. Indikator SKL      : Menulis  laporan/pengumuman/resensi

Indikator Soal    :  Disajikan 5 – 6 kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf laporan yang padu.

 

Soal  :

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1)     Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3  jam.

(2)     Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.

(3)     Teluk Dalam adalah ibukota Kabupaten Nias Selatan.

(4)     Pelabuhan ini  menghubungkan  pulau-pulau kecil di sekitarnya.

(5)     Untuk menuju ke sana, bisa naik mobil dari Gunungsitoli.

(6)     Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….

  1. (3),(5),(1),(6),(4),(2)
  2. (3),(6),(4),(5),(2),(1)
  3. (1),(5),(6),(4),(2),(3)
  4. (1),(6),(4),(2),(3),(5)

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

(7)     Kata yang dirujuk sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (3) Teluk Dalam adalah …; (5) Untuk menuju ke sana …; (1) Perjalanan akan memakan …; (6) … mempunyai pelabuhan kecil; (4) Pelabuhan ini  ….; (2) Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis  laporan/pengumuman/resensi

Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis                           pengumuman yang tepat.

 

Soal  :

Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!

 

 

 

 

 

 

 

SMP Pinang Ranti akan mengadakan peringatan Hari Ibu,  22 Desember 2010. Peringatan tersebut akan diisi dengan upacara dilanjutkan berbagai lomba. Sebagai ketua panitia adalah Ibu Dra. Dinda S.S. Agar informasi ini sampai kepada seluruh warga sekolah, ketua panitia membuat pengumuman untuk dipasang di tempat papan pengumuman.

Pengumuman yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ….

  1. Diumumkan kepada para siswa, guru, dan karyawan bahwa pada tanggal 22 Desember 2010 diadakan peringatan Hari Ibu.

Oleh karena itu, kita harus mengadakan upacara dan berbagai lomba.

Tolong, semua panitia untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terima kasih.

 

  1. Dalam rangka peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2010, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada warga sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran peringatan tersebut.

Atas perhatian semuanya, kami sampaikan terima kasih.

 

  1. Dalam rangka peringatan Hari Ibu, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mohon kepada seluruh panitia untuk berpartisipasi demi kelancaran peringatan tersebut.

Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.

  1. Dengan ini kami umumkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Ibu, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada seluruhnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Pengumuman harus sesuai dengan keadaan  sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan (B).

 

  1. Indikator SKL      : Menulis  laporan/pengumuman/resensi

Indikator Soal    :  Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan                          buku, siswa dapat menulis paragraf resensi yang tepat.

 

Soal  :

Perhatikan data buku berikut!

 

Judul   : Budidaya Ikan Nila

Penulis: Sahar Erizal

Penerbit: PT Swadaya

Keunggulan:

  • Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
  • Berdasarkan pengalaman pribadi
  • Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek

Kelemahan:

  • Ilustrasi gambarnya kurang

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …

  1. Tujuan penulis buku ini ingin  membuat pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini karena dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.

 

  1. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan.

 

  1. Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.

 

  1. Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh karena itu, buku ini layak dibaca.

 

Kunci                          : C

Pembahasan  :

Keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

 

Soal  :

Bacalah kutipan  surat pribadi berikut!

Kak Desis yang kurindukan,

 [ ….]

Kak Desis, aku ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah empat bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu kalau Kakak saat ini sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang tua kita mengharapkan Kakak bisa datang ke Bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu juga aku dan adik.

 

Cukup sekian surat dariku, balasan surat dari Kakak sangat aku nantikan.

                                                                                                                                   Nuning

Kalimat pembuka surat yang tepat  adalah …

  1. Dengan datangnya surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen sama Kakak. Kapan Kakak pulang kampung?
  2. Halo Kak Desis, apa kabar? Mengapa Kak Desis jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Jakarta?
  3. Melalui surat ini, saya berharap keadaan Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Bandung. Kabar Kakak aku tunggu.
  4. Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.

 

Kunci             : D

Pembahasan  :

Kalimat kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk kalimat pembuka, yakni Kak Desis, aku ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya                          dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya

 

Soal  :

Bacalah kutipan surat berikut!

Yth. Pengurus OSIS SMP Setia Hati

di Brebes

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami  mengharap kehadiran Saudara pada

hari,tanggal     : Selasa , 17 Juli 2012

waktu  : Pukul 14.00

tempat : Ruang OSIS

acara    : Persiapan Bakti Sosial

 

[… ]

Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah …

  1. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga dapat dikabulkan.
  2. Besar harapan kami, permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.
  3. Mengingat pentingnya acara tersebut, harap hadir tepat waktu.
  4. Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan.

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Penutup surat disesuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.

  1. Indikator SKL      : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

Indikator Soal    :  Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya.

 

Soal  :

Bacalah kutipan surat pembaca berikut!

 

Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak lama menumpuk kembali.

[…]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah…

  1. Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kerja sama yang jelas.
  2. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih.
  3. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
  4. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada keluhan kami. Terima kasih.

 

Kunci              : C

Pembahasan  : Melengkapi kalimat rumpang pada surat pembaca disesuaikan pada kalimat sebelum.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis rangkuman

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa                          dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.

 

Soal  :

 

Pemerintah perlu melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN tidak boleh monopoli penyediaan listrik. Seruan itu datang dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik.

Pihak swasta yang hendak memiliki pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan kemudahan perizinan. Jika hal itu dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen dapat teratasi.

Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah …

  1. Krisis listrik sangat merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
  2. Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi pihak swasta kemudahan perizinan.
  3. Pemerintah hendaknya mempermudah perizinan supaya kerugian konsumen dapat teratasi.
  4. Pengusaha menyerukan agar pemerintah melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Rangkuman dapat dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.

Gagasan utama paragraf pertama: perlunya reformasi di PLN.

Gagasan utama paragraf kedua: pemberian kemudahan perizinan pihak swasta

 

  1. Indikator SKL      : Menulis teks berita sesuai konteks

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat                       menentukan teks  berita yang tepat.

 

Soal  :

Perhatikan ilustrasi peristiwa berikut!

Hari Senin, 19 Maret 2012 di jalan poros Makassar – Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai puting beliung. Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diiperkirakan puting beliung ini sampai bulan  April.

Teks berita  yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada hari Senin yang lalu. Puting beliung  akan melanda kembali di wilayah Sulawesi Selatan pada April mendatang.
  2. Puting beliung terjadi di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3) dan mengakibatkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api. Peristiwa ini diperkirakan masih akan melanda seluruh  wilayah Sulawesi  hingga April mendatang.
  3. Di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin kencang. Peristiwa ini menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api hingga April mendatang.
  4. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3). Puting beliung diperkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga April mendatang.

Kunci              : D

Pembahasan  :

Tubuh berita disusun dengan bahasa singkat, jelas, dan padat. Informasi yang sesuai fakta dalam ilustrasi, yaitu hujan deras disertai puting beliung.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis  slogan sesuai konteks

Indikator Soal    :  Dilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut

 

Soal  :

Bacalah ilustrasi berikut!

 

OSIS SMP Tunas Bangsa memperingati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Pada tanggal 22 April 2011 setiap siswa wajib menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Tujuan menanam tersebut agar lingkungan sekolah nyaman dan bebas polusi udara.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Hari ini menanam besok merawat.
  2. Sepotong tanaman untuk masa depan.
  3. Tanam pohon sekarang segar udara kemudian.
  4. Segera rawat  pohon lingkungan akan nyaman.

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Isi sesuai dengan ilustrasi. Tujuannya meningkatkan kepedulian terhadap sesama, bahasa berciri slogan.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis iklan sesuai konteks

Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan penulisan iklan baris yang sesuai ilustrasi tersebut.

 

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

 

Mobil akan dijual dengan spesifikasi sebagai berikut.

  • Mobil BMW 318 tahun 2011
  • Warna mobil hitam
  • Dari tangan pertama
  • Aksesorisnya lengkap
  • Harga boleh ditawar
  • Yang berminat hubungi nomor 012-8883508

Kalimat iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. BU. Mbl BMW 318’ 11. htm mls. tgn I. full aks. nego. hub 012-8883508.
  2. Mobil dijual. BMW 318 ’11. hitam mulus. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
  3. BU. Akan dijual mobil BMW 318 ’11. hitam mulus. tgn I. hub 012-8883508.
  4. BMW 318 ’11 dijual karena butuh uang. full aks. nego. hubungi 012-8883508.

 

Kunci              : A

Pembahasan  : Data sesuai ilustrasi, berciri iklan baris.

 

  1. Indikator SKL      : Menyusun petunjuk melakukan sesuatu

Indikator Soal    :  Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang                          disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.

 

Soal  :

Bacalah kalimat-kalimat berikut!

Petunjuk menanam pohon pisang

(1)      Lubang diamkan selama 2 hari.

(2)      Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.

(3)      Timbunlah pohon pisang dengan tanah lalu disiram.

(4)      Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang.

(5)      Lubang yang sudah siap, isilah  dengan pupuk kompos.

Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah…

  1. (2), (4), (5), (1), (3)
  2. (2), (5), (1), (4), (3)
  3. (5), (1), (4), (3), (2)
  4. (5), (3), (4), (1), (2)

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Petunjuk disusun secara runtut dengan menganut kelogisan berpikir yang antara lain ditandai dengan penanda kohesi. Kata kunci: Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.

 

  1. Indikator SKL      : Menyusun petunjuk melakukan sesuatu

Indikator Soal    :  Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan,  siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

 

Soal  :

Perhatikan petunjuk berikut!

Petunjuk membuat tape singkong

(1)      Kupaslah singkong lalu dicuci.

(2)      […]

(3)      Cuci kembali kemudian tiriskan.

(4)      Rebuslah singkong sampai setengah matang.

(5)      Rebusan singkong taburi dengan ragi sebagai bahan fermentasi.

(6)      […]

(7)      Tape singkong siap untuk dinikmati.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …

  1. (2) Potong singkong dengan ukuran kecil.

(6) Bungkus dengan plastik atau daun dalam suhu 200C.

  1. (2) Keriklah singkong yang sudah dicuci untuk menghilangkan lendirnya.

(6) Tutup rebusan singkong sampai rapat dan diamkan selama 48 jam.

  1. (2) Jemur singkong sampai kering.

(6) Ratakan ragi yang ada pada singkong sampai ke dalam-dalamnya.

  1. (2) Potong singkong dengan ukuran kecil.

(6) Tutup rebusan singkong sampai rapat dan diamkan selama 48 jam.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan sesudah kalimat petunjuk yang dirumpangkan atau dikosongkan. Cari kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudah dirumpangkan.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis teks pidato

Indikator Soal    :  Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak tepat, Siswa dapat memperbaikinya.

                         

Soal  :

Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Anak-anakku semua  yang berbahagia,

Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet kepemimpinan.

Perbaikan kata sapaan yang tepat pada kutipan naskah pidato tersebut adalah …

  1. Anak semua yang berbahagia,

Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet kepemimpinan.

  1. Anak-anakku  yang berbahagia,

Kalian sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet kepemimpinan.

  1. Semua  yang berbahagia,

Anak-anak  sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet kepemimpinan.

  1. Anak  yang berbahagia,

Kalian  sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet kepemimpinan.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Kata sapaan anak-anak sudah menunjukkan jamak, maka tidak perlu lagi diikuti kata semua. Kata Anda kurang tepat penggunaannya.

 

  1. Indikator SKL      : Menulis teks pidato

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat                           menentukan paragraf bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato yang tepat.

 

Soal  :

Bacalah ilustrasi berikut!

 

SMP Harapan melaksanakan pelantikan Ketua OSIS yang baru terpilih. Erwan sebagai Ketua OSIS SMP Harapan yang baru terpilih memberikan pidato sambutan.

Bagian pembuka pidato yang tepat berdasarkan llustrasi tersebut adalah …

  1. Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME karena kita masih dilimpahi kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan acara pelantikan Ketua OSIS SMP Harapan.
  2. Saya berharap dalam kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan dari semua pihak. Dengan demikian, akan tercipta situasi yang kondusif dan semua program yang telah direncanakan dapat terlaksana.
  3. Demikian sambutan saya pada awal saya terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. Saya menyampaikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman.
  4. Bapak dan Ibu yang kami hormati, puji syukur  kita panjatkan kepada Tuhan karena kita dipertemukan dalam situasi yang berbahagia ini. Tujuan kami datang adalah ingin menyampaikan bingkisan.

 

 

 

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Pembuka pidato berisi ucapan puji syukur yang sesuai ilustrasi, yaitu tentang pelantikan Ketua OSIS. Jawaban yang tepat A.

 

  1. Indikator SKL   :  Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah     /daftar pustaka

Indikator Soal    :  Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan             rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema.

 

Soal  :

Tema karya ilmiah:

Pengaruh  cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah.

Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah …

  1. Kapan cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?
  2. Bagaimana pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah?
  3. Adakah tanaman yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan cahaya matahari?
  4. Mengapa cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?

 

Kunci                          : B

Pembahasan  : Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah serta dikemukakan secara ilmiah. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas. Rumusan masalah menggunakan kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban panjang dan mendetail (bagaimana, mengapa, apakah, …)

 

  1. Indikator SKL   :  Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya             ilmiah/daftar pustaka

Indikator Soal    :  Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran Berdasarkan simpulan karya ilmiah.

Soal  :

Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah menjadikan siswa mencintai lingkungan sekolahnya.  Dengan demikian prestasi belajar dapat ditingkatkan. Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak langsung berkontribusi bagi peningkatan gairah belajar siswa.

Saran yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …

  1. Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah harus terus dipertahankan.
  2. Lingkungan sekolah tidak perlu dipelihara oleh siswa serta seluruh warga sekolah.
  3. Sudah seharusnya siswa menjaga lingkungan sekolah. Kalau bukan siswa siapa lagi?
  4. Lingkungan sekolah yang nyaman dapat menjaga siswa berbuat yang tidak diinginkan.

 

Kunci                          : A

Pembahasan  : Saran dalam karya tulis adalah pendapat atau anjuran yang disampaikan, merujuk pada hasil penelitian. Kata kunci: … Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak langsung berkontribusi bagi peningkatan gairah belajar siswa.

  1. Indikator SKL   : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal    :  Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

 

Soal  :

Cermatilah kalimat berikut!

 

Kepada para siswa siswi yang akan mengikuti lomba futsal mohon berkumpul di lapangan.

Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ….

  1. A.       siswa siswi
  2. kepada dan para
  3. kepada dan yang
  4. para dan yang

 

Kunci                          : B

Pembahasan  :

Penggunaan kata kepada dan para tidaklah tepat. Kata para menyatakan jamak. Kedua kata ini seharusnya dihilangkan dari konteks paragraf tersebut.

 

  1. Indikator SKL   : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal    :  Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam kalimat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

 

Soal  :

Perhatikan kalimat berikut!

 

 

 

Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi ketua harian klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan bintang jasa  utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Perbaikan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut yang tepat adalah …

  1. Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang Jasa  Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  2. Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang Jasa  Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  3. Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang Jasa  Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  4. Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang Jasa  Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Kunci             : C

Pembahasan  :

Sesuai kaidah EYD, huruf kapital digunakan untuk nama jabatan dalam organisasi yang yang diikuti nama orang dan nama penghargaan.

 

  1. Indikator SKL      : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal    :  Disajikan beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

 

Soal  :

Perhatikan paragraf berikut!

 

Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti: tahu,   tempe,  susu dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar  kedelai banyak disukai orang, karena tidak mengandung kolesterol.

 

Perbaikan penulisan tanda baca yang tepat terdapat dalam  paragraf …

  1. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis seperti: tahu, tempe,  susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar  kedelai banyak disukai orang karena tidak mengandung kolesterol.
  2. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe,  susu dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar  kedelai banyak disukai orang, karena tidak mengandung kolesterol.
  3. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe,  susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar  kedelai banyak disukai orang, karena tidak mengandung kolesterol.
  4. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe,  susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar  kedelai banyak disukai orang karena tidak mengandung kolesterol.

 

Kunci                          : D

Pembahasan  :

Sesuai dengan kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (.) dan penggunaaan tanda baca (,).

 

  1. Indikator SKL   : Melengkapi pantun

Indikator Soal    :  Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan,                       siswa dapat melengkapinya dengan tepat

 

Soal   :

Perhatikan kutipan pantun berikut!

 

Memakai cincin dari batu

Semangka di sawah dibelah dua

[…](1)

[…](2)

 

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….

  1. (1) Hidup ini harus saling membantu

(8)  Supaya hidup lebih bermutu

  1. (1) Datang ke ladang membawa pedang

(2) Melihat rusa belang di dada

  1. (1) Jika tak pandai memakai waktu

(2) Maka sia-sialah hidupnya

  1. (1) Tiga ditambah empat tujuh

(2) Tujuh bilangan ganjil

 

Kunci             : C

Pembahasan  :

Sesuai syarat pantun dan data pada ilustrasi. Syarat pantun bersajak abab; baris pertama dan kedua sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

 

  1. Indikator SKL   : Melengkapi puisi

Indikator Soal    :  Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat                           melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat

Soal                 :

Perhatikan kutipan puisi berikut!

 

Ibu,

Dengan apa kubalas […](1)

Dengan uang beribu-ribu

Ah,

Itu sesuatu yang tabu

Apakah aku harus […](2)

Di atas pangkuanmu

Ya, ini mungkin lebih seru

 

 

Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut adalah …

  1. (1) semua

(9)  menuntut

  1. (1) kasihmu

(2) berdoa

  1. (1) jasamu

(2) bersimpuh

  1. (1) air matamu

(2) restu

 

Kunci             : C

Pembahasan  : Diksi (pilihan kata) membulatkan makna puisi. Sesuai data pada kutipan puisi, pilihan jawaban yang tepat C.

 

  1. Indikator SKL   : Melengkapi puisi

Indikator Soal    :  Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat                          melengkapi puisi dengan larik bermajas.

 

Soal                 :

Bacalah puisi berikut!

 

Buku.

Katanya kau gudangnya ilmu

Aku tak tahu

[…]

Dengan wajah berbalut debu

Kau sendiri gudang dalam gudang

 

 

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah …

  1. Di lemari bertumpuk-tumpuk
  2. Ilmu apa yang tersembunyi
  3. Kau termenung di sudut lemariku
  4. Buku mana yang akan kubaca

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Kita dapat melengkapi puisi rumpang dengan memperhatikan larik sebelum dan sesudah bagian yang dirumpangkan. Kau termenung di sudut lemariku sesuai dengan larik di atasnya dan larik bawahnya Dengan wajah berbalut debu.

 

  1. Indikator SKL      : Melengkapi naskah drama

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat,                      siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

Soal  :

Cermatilah kutipan naskah drama berikut!

 

Putri    : Kenapa harus pink, sih? (sedih menahan isak) (1)

Vince   : Mungkin karena cerah, Put?

Harap              : Menurut gue sih dipilih pink karena warna merah dan biru sudah diambil Superman!

Putri     : Dan hitam sudah dipakai sama Batman, gitu kan? (sambil mencubit Harap, abang keduanya itu)

Perbaikan petunjuk lakuan yang tepat untuk Putri pada dialog (1) adalah ….

  1. (tertawa)
  2. (melamun)
  3. (tersenyum)
  4. (penasaran)

 

Kunci             : D

Pembahasan  : Petunjuk lakuan disesuaikan dengan isi kalimat dialog pelaku.

 

  1. Indikator SKL      : Melengkapi naskah drama

Indikator Soal    :  Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya                           dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

 

Soal  :

Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Suasana pos ronda masih sepi. Lampu 15 watt yang berada di tengahnya sudah menyala sejak pukul 18.00. Sisa hujan yang baru beberapa saat berhenti masih menetes di daun pisang. Suaranya mendominasi keadaan.

Madi    : (Datang menjinjing kentongan dan senter) Tumben amat gini hari masih sepi.

Wahab : […] Di, kamu sudah datang?

Madi    : udah, Mas. Sepi sekali, ya?

Wahab : Maklum habis hujan.

Madi    : iya, hujan hari ini benar-benar seharian.

 

Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah ….

  1. Keluar dari rumahnya
  2. Keluar dari dalam pos ronda
  3. Muncul dari balik pagar bambu
  4. Sambil pergi meninggalkan pos

 

Kunci             : C

Pembahasan  :

Dalam konteks drama tersebut, digambarkan Wahab baru sampai di pos ronda. Petunjuk lakuan yang paling tepat adalah muncul dari balik pagar bambu.

  1. Indikator SKL      : Melengkapi naskah drama

Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa

dapat melengkapinya dengan tepat.

 

Soal                 :

Bacalah kutipan naskah drama berikut!

 

Satilawati      : Tidak ada sebab yang lain?

Ishak             : (malu-malu) Tentu ada. Engkau cantik.

Satilawati      : […](1)

Ishak             : Itu yang akan kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.

Satilawati      : Bahaya apa?

Ishak             : Aku mungkin dipandang pengkhianat oleh rakyat.

Satilawati      : Karena apa/

Ishak             : […](2)

Satilawati      : Romanmu itu, maksudmu?

Ishak             : Ya, Hari Ketiga Nippon di Indonesia.

Satilawati      : Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?

Ishak             : Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku ini. Rugi semata.

Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah …

  1. (1) Akan ke mana engkau pergi?

(10)                     Karena aku mengarang.

  1. (1) Tetapi mengapa?

(2) Karena wajahku.

  1. (1) Tapi mengapa engkau pergi?

(2) Karena karanganku.

  1. (1) Engkau akan ke mana?

(2) Aku mengarang.

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Melengkapi dialog dalam naskah drama harus memperhatikan dialog sebelum dan sesudahnya. Hal ini dimaksudkan agar dialog yang dimasukkan pada bagian yang rumpang menjadi padu.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s