Bedah Skl 2

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESI   

 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

 

 

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf

Indikator Soal    : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan

                               utama paragraf tersebut.

 

Soal  :

Kini populasi spesies  burung yang berbulu megah dan anggun ini kian berkurang akibat perburuan habitatnya terpecah karena perubahan lahan. Burung tersebut lebih dikenal dengan nama Merak Hijau atau Merak Jawa.Tren populernya terus menurun padahal burung itu salah satu burung tercantik di Indonesia.

Gagasan utama paragraf pertama tersebut adalah ….

  1. burung berbulu indah di Indonesia
  2. populasi merak hijau mulai punah*
  3. penyebaran burung dari Jawa
  4. burung yang mulai punah

Kunci              : A

Pembahasan  :

Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.

 

Kata kunci: Populasi spesies yang berbulu megah dan anggun kian berkurang. (Populasi merak hijau mulai punah). Kata yang merujuknya: Burung tersebut lebih dikenal …. (kalimat kedua);  Tren populernya …. (kalimat ketiga); Burung itu adalah …. (kalimat keempat)

  1. Indikator SKL      : Menentukan persamaan isi berita

Indikator Soal    : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat

menentukan persamaan isi berita tersebut

Soal  :

Bacalah bacaan berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!

Teks 1

Teks 2

 Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air Yunior Asia. Selasa (12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di kejuaraan tersebut. Kejuaraan itu diikuti 12 negara. Pebulu tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu dilaksanakan Rabu, (13/10).

Persamaan isi kutipan berita tersebut adalah tentang ….

  1. olahraga*
  2. tempat
  3. waktu
  4. hasil

Kunci              :

Pembahasan  :

Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.

Kata-kata yang dirujuk:

Teks I: Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, … Kejuaraan Polo Air Yunior Asia.

Teks II: Pebulu tangkis utama Indonesia … Turnamen Grand Prix Gold Indonesia.

  1. Indikator SKL      : Menentukan perbedaan penyajian berita

Indikator Soal    : menentukan perbedaan penyajian berita tersebut

Soal  :

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ….

Teks 1

Teks 2

A

siapa, kapan, apa apa, di mana, siapa

B

di mana, apa, siapa siapa, kapan, apa

C

kapan, apa, siapa di mana, apa, kapan

D

di mana, kapan, apa siapa, di mana, kapan *

Kunci              :

Pembahasan  :

Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.

Teks berita I: (di mana) Seruni Aquatic Stadium Cisarua.  (kapan) Selasa (12/10).  (apa) Tim polo air Indonesia meraih peringkat lima.

Teks berita II: (siapa) Pebulu tangkis utama Indonesia  (di mana) Samarinda, Kalimantan Timur. (kapan) Turnamen itu dilaksanakan Rabu.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Indikator Soal    : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat:

menentukan keistimewaan tokoh.

Soal  :

Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!

Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1982, Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan N.A. Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan keperihatinan.

Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi masa depannya. Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh, meski begitu, ia tetap semangat belajar. Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan.

 

 

 

Keistimewaan tokoh tersebut adalah …

  1. Motivasi belajarnya tinggi meskipun minim sarana.*
  2. Andrea pernah bersekolah di SD Muhammadiyah.
  3. Andrea dilahirkan di desa miskin dan terpelosok.
  4. Andrea anak Seman Said Harunayah dan N.A .Masturah.

Kunci              : A

Pembahasan  :

Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Andrea tetap termotivasi belajarnya meskipun sarananya minim.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Indikator Soal    : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat

menentukan sifat tokoh yang dapat diteladani

Soal  :

Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah ….

  1. periang*
  2. pemurung
  3. pemarah
  4. pemalas

Kunci              : A

Pembahasan  :

Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.

Di antara empat pilihan, hanya pilihan (A) yang merupakan  teladan dan patut dicontoh.

  1. Indikator SKL      : Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan

Indikator Soal    : Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat

                            fakta/opini.

Soal  :

Kalimat fakta dalam  iklan tersebut ditandai dengan ….

  1. (1) dan (2)
  2. (2) dan (3)
  3. (3) dan (4)
  4. (4) dan (5)*

 

Kunci              : D

Pembahasan  :

Fakta adalah sesuatu yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Pilihan jawaban yang sesuai adalah D.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Indikator Soal    : Disajikan sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah

satu kalimat  dalam iklan tersebut.

Soal  :

Urus KTP? Siapa takut! Lengkapi berkas Anda! Datang ke kelurahan setempat. Dijamin satu jam selesai!

Perhatikan iklan berikut!

Penjelasan isi kalimat keempat pada teks iklan tersebut adalah …

  1. Mengurus KTP di kelurahan masing-masing.
  2. Mengurus KTP dengan melengkapi berkas.
  3. Mengurus KTP bisa selesai dalam satu jam.*
  4. Mengurus KTP tidak perlu merasa takut.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat keempat tersebut adalah C.

  1. Indikator SKL      : Menyimpulkan isi paragraf

Indikator Soal    : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan

isi paragraf tersebut.

 

Soal  :

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

 

Letusan Gunung Merapi, Senin (1/11), menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua kali.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …

  1. Awan Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan  asap solfatara.
  2. Tokoh Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahil dalam cerita pewayangan.
  3. Munculnya awan Mbah Petruk menjadi penanda Gunung Merapi akan meletus.*
  4. Lima jam sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

Bukti data: Letusan Gunung Merapi, Senin… . (kalimat pertama); Asap itu dikenal dengan nama awan Mbah Petruk. (kalimat kedua); Sekitar lima jam setelah…. (kalimat ketiga); Hal seperti itu, terulang sampai dua kali.(kalimat keempat)

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    :  Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan

sesuai isi grafik tersebut.

 

Soal  :

Perhatikan grafik berikut!

PRODUKSI JAGUNG (Juta Ton)

Penjelasan isi grafik tersebut adalah …

  1. Produksi jagung menurun pada tahun 2009.
  2. Semua produksi jagung diekspor ke luar negeri.
  3. Peningkatan produksi jagung sama setiap tahun.
  4. Produksi jagung tertinggi pada tahun 2010.*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Menurut grafik batang, tahun 2010 merupakan produksi jagung yang tertinggi.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    : Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi

tabel tersebut.

Soal  :

Perhatikan tabel berikut!

 

SUKU BUNGA ACUAN BI DAN INFLANSI

SEMESTER PERTAMA 2011

 

Bulan

Suku Bunga Acuan

Inflansi

Januari

6,75

7,02

Februari

6,75

6,84

Maret

6,75

6,65

April

6,75

6,16

Mei

6,75

5,98

Juni

6,75

5,54

 

Simpulan isi tabel tersebut adalah …

  1. Suku bunga acuan tetap sedangkan inflansi menurun setiap bulan.*
  2. Selama semester pertama tahun 2011 terjadi penurunan suku bunga.
  3. Pemerintah telah berusaha menaikkan suku bunga acuan setiap bulan.
  4. Selama semester pertama tahun 2011 terjadi peningkatan suku bunga.

Kunci              : A

Pembahasan  :

Tabel tersebut hanya memuat suku bunga dan inflansi. Angka (suku bunga) dalam data tidak berubah, maka dikatakan tetap (6,75). Sedangkan angka (inflansi) dalam data semakin berkurang, maka disebut menurun.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    : Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan

sesuai isi bagan tersebut.

Soal  :

Perhatikan bagan susunan Pengurus Yayasan Al Islamiyah berikut!

 

Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah …

  1. Badan Pendiri bertanggung jawab kepada Ketua Yayasan.
  2. Ketua dalam melaksanakan tugasnya dibantu empat Kepala Bidang.*
  3. Bendahara dan Sekretaris bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  4. Ketua Yayasan mempertanggungjawabkan pekerjaan kepada Bendahara.

Kunci              : B

Pembahasan  :

Menurut bagan, kedudukan tertinggi dalam yayasan adalah Badan Pendiri. Bagan tersebut memuat nama-nama dan jabatan yang sesuai tugasnya dalam suatu yayasan.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal    : Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan

yang paling efektif.

Soal  :

Perhatikan denah berikut!

Perjalanan yang paling efektif bila kita akan menuju Lokasi  dari  Fuji Image adalah …

  1. Jalan P. Polim, Jalan Masjid menuju ke Lokasi.*
  2. Jalan Darmawangsa, Jalan R.S. Fatmawati ke Lokasi.
  3. Jalan R.S. Fatmawati, Jalan H. Saidi Guru ke Lokasi.
  4. Jalan Darmawangsa, Jalan P. Polim menuju ke Lokasi

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Rute paling efektif adalah rute terdekat berdasarkan denah dengan melalui Jalan P.Polim dan Jalan Masjid.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Indikator Soal    : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat

menentukan tema puisi tersebut

 

Soal  :

Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 13 dan 14!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tema kutipan puisi tersebut adalah ….

  1. Manusia yang menyesali masa lalu
  2. Kehidupan yang semakin menderita
  3. Keresahan manusia terhadap alam
  4. Harapan supaya Ibu Pertiwi bangkit*

Kunci             :  D

Pembahasan  :

Puisi tersebut menceritakan Ibu Pertiwi yang kesedihan, kesusahan, dan keterpurukan. Namun, bait ketiga terdapat usaha untuk bangkit dari keterpurukan.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Indikator Soal    : menentukan larik bermajas pada puisi tersebut

Soal  :

Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terletak pada ….

  1. Larik ketiga bait pertama
  2. Larik keempat bait pertama*
  3. Larik pertama bait kedua
  4. Larik ketiga bait ketiga

Kunci              : B

Pembahasan  :

Majas yang digunakan personifikasi karena Ibu Pertiwi dalam puisi tersebut bukanlah makhluk hidup, seperti manusia yang bisa berpikir, bersedih, dan merasakan cemas.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Indikator Soal    : Disajikan dua kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan

                               pesan kedua puisi tersebut

Soal  :

Bacalah kutipan  puisi berikut dengan saksama!

Puisi I

Puisi II

Saat ku menyerah
Aku coba sampai bisa
Saat ku putus asa
Aku coba berlatih keras

Saat aku kebingungan
Kucoba untuk bertanya
Saat aku bersemangat
Semangatku menyala nyala

semut itu
begitu kecil tubuhmu
berangkat bertaut pijak
gotong gotong dalam ketangguhan
benda sebesar gunungpun pastikan terangkat

hidupmu ajarkan kebersamaan saling gandeng tangan tuk semua urusan

Perbedaan amanat kedua puisi tersebut adalah …

 

Puisi I

Puisi II

A

Tetap semangat dalam menghadapi masalah. Dalam hidup ini hendaknya selalu bekerja sama.*

B

Saling bergandengan tangan setiap saat. Tetap semangat menjalani hidup meski sulit.

C

Lebih baik tangan di atas daripada di bawah. Setiap orang mempunyai kebebasan bekerja.

D

Setiap orang mempunyai kebebasan bekerja. Lebih baik tangan di atas daripada di bawah.

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Perbedaan amanat dari kedua puisi dapat dilihat dari kesesuaian dalam isi kalimat (larik)nya. Puisi I;  Saat aku bersemangat dan Semangatku menyala –nyala (semangat menghadapi masalah). Puisi II; gotong gotong dalam … hidupmu ajarkan kebersamaan (selalu bekerja sama).

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan latar

(waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut

Soal  :

Bacalah kutipan cerpen berikut!

 

… Di bawah pohon waru, Saidah sedang menggelar dagangannya nasi pecel. Jakun Karyamin turun naik, ususnya terasa pedih. (1)

“ Masih pagi kok pulang, Min?” tanya Saidah, “Sakit?” (2)

Karyamin menggeleng dan tersenyum. Saidah memperhatikan bibirnya yang membiru dan kedua telapak tangannya yang pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar suara kuruyuk dari perut Karyamin. (3)

“Makan, Min?”

“Tidak, beri aku minum saja. Lenganmu sudah ciut seperti itu, aku tak ingin menambah utang,”

“Iya, Min, iya. Tetapi kamu lapar, kan?” (4)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut ditandai dengan nomor  ….

  1. (1); (2)
  2. (2); (3)
  3. (1); (4)*
  4. (2); (4)

Kunci              : C

Pembahasan  :

Latar tempat tersirat dalam kalimat pertama, (Di bawah pohon waru, Saidah sedang menggelar dagangannya nasi pecel).

  1. Indikator SKL   :  Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti  perwatakan tokoh cerpen tersebut

Soal  :

Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!

Bukti watak tokoh Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

  1. Mengajak Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
  2. Memarahi Ulil yang tidak mau menolong kakek.
  3. Meminta Farkhan segera memanggil kakek.
  4. Menyesali karena kegiatan mereka terganggu.

Kunci              : B

Pembahasan  :

Bukti tekstual yang menunjukkan sifat Avanti yang perhatian terdapat dalam ujarannya. “Ulil, teganya mengatakan itu. Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen

                               tersebut

Soal  :

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ….

  1. melalui dialog antartokoh
  2. sikap dan pembicaraan tokoh
  3. diceritakan tokoh yang lain
  4. pelukisan watak oleh pengarang

Kunci              : B

Pembahasan  :

Penggambaran watak tokoh diberikan melalui ujaran langsung dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan Avanti dengan memarahi Ulil).

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat

kutipan cerita tersebut

                        

Soal  :

…”Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini, kapan saja kamu mau. Bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang. …

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah …

  1. Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
  2. Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan.
  3. Setiap permasalahan yang terjadi selalu ada solusinya.
  4. Jika kita menghadpi masalah, jangan mudah berputus asa.*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, banyak menggunakan kata ‘jangan menyerah’ dan ‘berjuang’. Hal ini menyiratkan amanat ‘jangan mudah putus asa’.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik

                            kutipan cerita tersebut.

Soal  :

Konflik kutipan cerita tersebut adalah …

  1. Olivia mengatakan jika dirinya sudah tidak kuat bertahan.
  2. Sava memaksa Olivia untuk terus melanjutkan pertandingan.
  3. Olivia dan Sava sepakat untuk melanjutkan pertandingan.
  4. Teman-teman Olivia meminta supaya Olivia beristirahat.

Kunci           : B

Pembahasan:

Konflik merupakan pertentangan  yang terjadi dalam cerita. Dalam kutipan cerita pendek tersebut, pertentangan muncul karena Sava memaksa Olivia untuk terus bertanding. Padahal, Olivia sebenarnya sudah tidak sanggup lagi.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi  perbedaan karakteristik  dua novel

Indikator Soal    :  Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik  novel tersebut

Soal  :

Perhatikan kedua kutipan novel berikut!

 

Kutipan Novel I

Kutipan Novel II

… Oto berhenti di muka rumah. Suparta turun, lalu membuka pintu di tempat duduk Ratna dan

membimbing tangan istrinya serta menurunkan dia dengan perkataan,

“Selamat datang ke pondok kita, Nana!”

Ratna amat tercengang melihat papan yang

dilekatkan di depan rumah, di bawah atapnya, yang berukir perkataan “RATNA”. ……”Tentu, telah saya sering saya mimikirkannya itu. Ada hati saya tertarik ke sana. Tetapi agaknya tertarik itu terutama disebabkan keinginan hendak tahu sesuatu yang belum diketahui. Kalau sudah tahu…takut saya kalau-kalau saya ingin pulang kembali ke pulau Jawa ini. Tetapi janganlah engkau susahkan benar, di mana engkau merasa senang, saya akan merasa senang di sisimu.” …

 

Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah ….

 

Kutipan Novel I

Kutipan Novel II

A

Tokohnya ada empat orang Tokohnya ada empat orang

B

Amanatnya jelas Amanatnya tidak ada

C

Latar tempatnya tidak jelas Latar tempatnya jelas

D

Sudut pandang orang ketiga Sudut pandang orang pertama*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Sudut pandang orang ketiga menggunakan kata ganti nama orang, “Suparta turun, lalu….”. Sedangkan lainnya (sudut pandang orang pertama), menggunakan kata ganti aku atau saya.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama

Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama, siswa dapat

menentukan suasana kutipan drama tersebut.

Soal  :

Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!

(Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang kantor guru. Nadin menghampiri gurunya. Ia masih penasaran dengan pelajaran yang diterangkan kemarin)

Nadin              : Bu, boleh bertanya, materi kemarin yang Ibu terangkan?

Ibu Yeyet        : Ya, silakan. Kamu mau tanya apa?

Nadin              : Bu, jadi, keindahan karya sastra itu dapat kita tentukan dari bahasanya?

Ibu Yeyet        : Nadin, sebenarnya masih ada lagi, yaitu pesan yang disampaikan.

Nadin              : Apa itu, Bu?

Ibu Yeyet     : Pesan yang dimaksud ialah nilai didik yang ingin disampaikan oleh pengarangnya. Pengarang yang baik harus berusaha menyampaikan ajaran moral kepada pembacanya itu agar lebih arif.

Nadin              : Lalu bagaimana caranya?

Bu Yeyet        : Caranya, ya dilihat dari kandungan cerita itu melalui pergolakan tokoh-tokohnya.

Nadin              : Ya, Bu. Saya jadi mengerti sekarang. Terima kasih, Bu.

Suasana pada kutipan drama tersebut adalah ….

  1. ramai
  2. sedih
  3. tegang
  4. tenang*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari Nadin yang kurang paham atau mengerti materi pelajaran kemarin mau menanyakan pada gurunya, suasananya tenang.

  1. Indikator SKL      : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama

Indikator Soal    : menentukan latar (waktu, tempat) drama tersebut

Soal  :

Latar waktu pada kutipan drama tersebut adalah ….

  1. pagi hari*
  2. malam hari
  3. saat istirahat
  4. pulang sekolah

Kunci              : A

Pembahasan  :

Latar waktu tersirat dalam kalimat Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang kantor guru. Ini mengindikasikan waktu pagi hari di sekolah.

  1. Indikator SKL      : Menulis catatan pengalaman pada buku harian

Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat

menentukan kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut.

 

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

 

Kaela sakit demam dan sudah dua hari tidak masuk sekolah. Semua itu karena saat pulang sekolah, ia tidak langsung pulang tetapi bermain air hujan. Sesampai di rumah badannya basah kuyup. Pagi harinya badannya demam dan tidak masuk sekolah.  Ia menyesal tidak mendengar nasihat ibunya.

Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …

  1.  Sudah dua hari badanku demam. Aku pun tidak masuk sekolah. Andai aku tidak bermain hujan, pasti aku tidak sakit seperti ini. Maafkan aku Ibu, karena aku tidak menuruti nasihatmu.*
  2. Kaela merasa menyesal tidak menuruti nasihat ibunya. Setelah pulang sekolah kemarin, ia tidak langsung pulang tapi bermain air hujan. Sampai di rumah badannya basah kuyup.
  3. Ibu maafkan Kaela. Kaela yang tidak menurut nasihat Ibu. Akhirnya, Kaela harus menanggung akibatnya. Ibu, Kaela berjanji akan selalu menuruti nasihat Ibu. Kaela tidak akan mengecewakanmu.
  4. Sudah dua hari badannya demam. Dia pun tidak masuk sekolah. Andai ia tidak bermain hujan, pasti  tidak sakit seperti ini. Ia pun bersujud memina maaf kepada ibunya. Ia berjanji tiak akan mengulanginya.

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Ciri dalam catatan harian menggunakan kata ganti ‘aku’, menggambarkan situasi yang sebenarnya, dan menggunakan kalimat ekspresif.

  1. Indikator SKL      : Menulis isi pesan singkat sesuai konteks

Indikator Soal    : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan

isi Pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut

 

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

 

Ketua OSIS SMP Mandiri  akan melaksanakan bakti sosial. Ia mengundang ketua kelas 7, 8, dan 9 untuk persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Harap segera mengumpulkan bahan makanan untuk kegiatan bakti sosial.
  2. Seluruh ketua kelas, harap ke ruang OSIS untuk rapat persiapan bakti sosial.*
  3. Bakti sosial akan segera dilaksanakan, harap berkumpul untuk rapat persiapan.
  4. Segera dikemas baju bekas layak pakai yang akan disumbangkan ke yayasan.

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Pesan singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang diberikan terdapat pada pilihan (B).

  1. Indikator SKL      : Menulis  laporan/pengumuman/resensi

Indikator Soal    :  Disajikan lima kalimat laporan yang belum tersusun secara

padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf laporan yang padu.

 

Soal  :

Perhatikan beberapa kalimat berikut!

 

(1)      Pemimpin upacara menyiapkan barisan.

(2)      Bel masuk sekolah berbunyi tiga kali.

(3)      Semua siswa kumpul di lapangan upacara.

(4)      Setelah 1 jam,  akhirnya siswa kembali ke kelas.

(5)      Pembina upacara memberi pidato tentang Hardiknas.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….

  1. (3) – (1) – (4) – (5) – (2)
  2. (2) – (1) – (5) – (3) – (4)
  3. (3) – (4) – (1) – (5) – (2)
  4. (2) – (3) – (1) – (5) – (4)*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Susunan laporan kegiatan padu dan runtut ditandai dengan kohesi. Jika diurutkan berdasarkan kohesinya, susunan kalimat laporan yang benar adalah (2) – (3) – (1) – (5) – (4).

  1. Indikator SKL      : Menulis  laporan/pengumuman/resensi

Indikator Soal    :  Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis isi

pengumuman yang tepat.

Soal  :

Cermati ilustrasi berikut!

 

OSIS SMP Inovasi akan mengadakan lomba menulis puisi bertema lingkungan. Syarat dan ketentuan tertera di papan pengumuman.

Isi pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Siswa yang berminat mengikuti lomba menulis puisi, harap segera mendaftar ke sekretariat panitia.*
  2. Peserta lomba menulis puisi, segera mengantarkan hasil karya lukisan  ke sekretariat panitia.
  3. Yang berminat mengikuti lomba menulis, segera mendaftar ke sekretariat panitia pelaksana kegiatan.
  4. Semua yang berminat menjadi panitia lomba menulis, mendaftar ke sekretariat penyelenggara.

 

Kunci                  : A

Pembahasan       :

Pengumuman harus sesuai dengan keadaan  sebenarnya.

Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan (A).

  1. Indikator SKL      : Menulis  laporan/pengumuman/resensi

Indikator Soal    : Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan

buku, siswa dapat menulis paragraf resensi yang tepat.

Soal  :

Cermati pokok-pokok resensi berikut!

 

 

 

 

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan keunggulan buku tersebut ádalah …

  1. Sampul buku ini sangat cerah warnanya. Kertasnya juga berkualitas. Isinya menggugah semangat pembaca. Kelemahan buku ini terletak pada bahasanya.
  2. Isi buku ini sangat menarik karena dapat memberi inspirasi bagi pembaca. Bahasa mudah dipahami. Hanya sayang tidak didukung dengan kertas dan ilustrasi pada sampulnya kurang menarik.
  3. Sampul  buku ini menarik. Isi buku memberi inspirasi bagi pembaca. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan kualitas kertas yang bagus, buku ini pantas dan layak dibeli.*
  4. Isi buku memberi inspirasi bagi pembaca. Bahasanya mudah dipahami. Ilustrasinya bagus dan menarik. Hanya satu kelemahan buku ini, sampul dan kertasnya kurang berkualitas.

Kunci              : C.

Pembahasan  :

Resensi harus objektif dalam menguraikan kelebihan dan kekurangan. Spesifikasi buku juga harus sesuai dengan kenyataan atau ilustrasi (sampul, isi, bahasa, kertas).

  1. Indikator SKL      : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

Indikator Soal    : Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau

penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

Soal  :

Bacalah kutipan surat pribadi berikut!

 

Salam kangen,

[…] Aku terlalu banyak kegiatan akhir-akhir ini. Doaku dan harapanku, kamu sekeluarga berada dalam keadaan sehat dan baik. Keluargaku keadaannya juga demikian. Cahya…aku usul nih…bagaimana jika liburan mendatang kita berkunjung ke Borobudur?

Bagian pembuka surat tersebut yang tepat adalah …

  1. Apa kabarmu? Semoga perjalanan liburanmu berkesan.
  2. Maafkan aku Cahya,  karena aku baru membalas suratmu.*
  3. Cahya, aku setuju dengan rencana kita untuk bertemu.
  4. Kamu jangan khawatir, aku pasti akan datang ke rumahmu

Kunci              : B

Pembahasan  :

Kalimat kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk kalimat pembuka, yakni Aku terlalu banyak kegiatan akhir-akhir ini (akibat). Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Maafkan aku Cahya,  karena aku baru membalas suratmu (sebab).

  1. Indikator SKL      : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

Indikator Soal    : Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya

dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya.

Soal  :

Bacalah kutipan surat resmi berikut!

Dengan hormat,

Setelah membaca surat edaran dari Kelurahan Marunda Nomor 162/M/X/2010, tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

(1)   Seluruh RT untuk melakukan kerja bakti dengan sasaran utama PSN;

(2)   Mengintruksikan kepada warganya untuk menaburkan bubuk abate pada penampungan airnya.

Pelaksanaan PSN agar dilakukan secara serentak terutama RT-RT yang wilayahnya berdekatan.

[ … ]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah …

  1. Demikian  yang disampaikan kepada kami dari Bapak Camat saat rapat di Aula Kecamatan, kemarin.
  2. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.
  3. Demikian iimbauan ini kami sampaikan. Atas kerja sama dan perhatian seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih.*
  4. Sampai di sini intruksi kami selaku pengurus RW 05, Kelurahan Marunda. Terima kasih dan selamat bekerja.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Penutup surat disesuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.

  1. Indikator SKL      : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

Indikator Soal    :  Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa dapat

melengkapinya.

Soal  :

Melalui forum surat pembaca ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Eri Sahar. […] Beliau telah menyelamatkan saya. Semoga amal Bapak Eri Sahar mendapat balasan dari Allah SWT. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ….

  1. Saya senang dapat membantu orang yang mendapat kesulitan.
  2. Saat itu, saya terjatuh dari sepeda karena keserempet mobil angkot.*
  3. Saat itu, Pak Eri Sahar memerlukan pertolongan karena jatuh dari motor.
  4. Saya berharap, yang menemukan dompet saya mau mengembalikan.

Kunci              : B

Pembahasan  :

Melengkapi kalimat rumpang pada surat pembaca disesuaikan pada kalimat sebelum dan sesudahnya.

  1. Indikator SKL      : Menulis rangkuman

Indikator Soal    : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa

dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.

 

Soal  :

Jakarta identik dengan kemacetan lalu lintas. Jika lalu lintas tidak macet, itu bukan Jakarta namanya. Menghabiskan waktu satu dua jam untuk berangkat kerja dan pulang ke rumah itu adalah tantangan yang sehari-hari dihadapi oleh warga Jakarta.

Kita harus mengurai sebab kemacetan lalu lintas di Jakarta. Keinginan untuk mengurai kemacetan itu bukan tidak ada. Hanya kita belum tahu dari mana harus memulainya. Persoalannya, macet di Jakarta itu bukan hanya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Tetapi juga karena tidak seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan masih ada banyak faktor yang tumpang tindih.

Bacalah bacaan berikut!

 

 

 

 

Rangkuman dari bacaan tersebut adalah …

  1. Jika tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
  2. Kemacetan lalu lintas di Jakarta harus diurai penyebabnya.*
  3. Keseimbanganya jumlah kendaraan dengan panjang ruas jalan.
  4. Kemacetan di Jakarta sudah sulit untuk dicari apa penyebabnya.

Kunci              : B

Pembahasan  :

Rangkuman dapat dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.

Gagasan utama paragraf pertama: kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Gagasan utama paragraf kedua: penyebab kemacetan lalu lintas di Jakarta.

  1. Indikator SKL      : Menulis teks berita sesuai konteks

Indikator Soal    : Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat

menentukan teks berita yang tepat.

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

Kebakaran rumah terjadi di Jalan Sunan Bonang No. 16 Jambi. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Kejadian itu pada pukul 00.15, Jumat, 30 Desember 2011. Penyebab kebakaran masih diselidiki.

 

 

Paragraf teks berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …

  1. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki penyebab musibah kebakaran tersebut.*
  2. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 12.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
  3. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
  4. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.

Kunci              : A

Pembahasan  :

Tubuh berita disusun dengan bahasa singkat, jelas, dan padat. Informasi yang sesuai fakta dalam ilustrasi, yaitu peristiwa kebakaran yang penyebabnya masih diselidiki.

  1. Indikator SKL: Menulis  slogan sesuai konteks

Indikator Soal: Dilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang

sesuai ilustrasi tersebut.

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Lomba Marawis tingkatkan rasa kesenian.
  2. Dengan Lomba Marawis, kita tingkatkan iman.*
  3. Dengan lomba Marawis kenalkan budaya daerah.
  4. Lomba Marawis pertebal rasa budaya kebangsaan.

Kunci              : B

Pembahasan  : Sesuai ciri khas slogan yaitu (1) berima; (2) pesan tidak langsung; (3) sesuai tujuan.

  1. Indikator SKL      : Menulis iklan sesuai konteks

Indikator Soal    : Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan penulisan iklan

baris yang sesuai  ilustrasi tersebut.

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

Kalimat iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Butuh Uang. Dijual rmh mrh, strgs dan bbs banjir. Harga murah.Hubungi Budi, Jln Anggrek No. 10 Jambi.
  2. Butuh Uang.Sgr tanah L 300 M2 , lokasi aman bebas bjr. Harga terjangkau. SHM. Yang berminat hub. Budi.
  3. BU.Djual tanah murah dan terjangkau. Stratgs utk ush. SHM. Bbs banjir dan strgs. Hubungi Pak Budi di Jambi.
  4. BU.Dijual tnh L 300 M2 SHM, lks strgs, bbs bnjr. Nego. Hub. Budi Jln Anggrek No. 10 Jambi.*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Data sesuai ilustrasi, berciri iklan baris. Data Butuh Uang.Dijual tanah luasnya 300 M2,sudah hak miliki, lokasi strategis, bebas banjir. Nego. Hub. Budi Jln Anggrek No. 10 Jambi.

  1. Indikator SKL      : Menyusun petunjuk melakukan sesuatu

Indikator Soal    : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang

                               disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.

Soal  :

Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah…

  1. (4), (5), (3), (2), (1)
  2. (4), (1), (5), (3), (2)*
  3. (5), (4), (1), (3), (2)
  4. (5), (1), (3), (2), (4)

Kunci              : B

Pembahasan  :

Petunjuk disusun secara runtut dengan menganut kelogisan berpikir yang antara lain ditandai dengan penanda kohesi. Kata kunci: Kupas lebih dahulu daripada mengiris untuk memudahkan kegiatan tersebut.

  1. Indikator SKL      : Menyusun petunjuk melakukan sesuatu

Indikator Soal    : Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa

kalimatnya dirumpangkan,  siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

Soal  :

Perhatikan petunjuk berikut!

 

Cara Membuat Tempe

1)      Bersihkan kedelai dari kotoran atau biji lainnya.

2)      Kemudian rendam dengan air dingin selama 10 jam.

3)      […]

4)      Lalu angkat dan bilas dengan air dingin dan remas-remas supaya kulit ari kedelai terkelupas.

5)      Kedelai yang bersih dari kulit ari, direndam lagi selama 12 jam.

6)      Setelah 12 jam, kedelai direbus lagi hingga matang, angkat dan tiriskan.

7)      Kedelai yang sudah tiris, beri ragi dengan ukuran 1 sendok makan teh untuk 1 liter kedelai.

8)      […]

9)      Lalu biarkan selama 24 jam. Tempe sudah siap untuk dipasarkan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …

  1. (3) Setelah 10 jam, kedelai itu direbus setengah matang.

(8) Setelah ragi tercampur rata, bungkus dengan daun pisang atau plastik.*

  1. (3) Setelah dingin, kedelai itu direbus kembali sampai matang.

(8) Kedelai ditiriskan dan dicuci kembali hingga bersih.

  1. (3) Lalu kedelai yang sudah matang ditiriskan.

(8) Setelah ragi tercampur rata, bungkus dengan daun atau plastik.

  1. (3) Kemudian kedelai dibungkus dengan daun atau plastik.

(8) Setelah itu, kedelai direbus hingga matang.

Kunci              : A

Pembahasan  :

Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan sesudah kalimat petunjuk yang dirumpangkan atau dikosongkan. Cari kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudah dirumpangkan.

  1. Indikator SKL      : Menulis teks pidato

Indikator Soal    : Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak

tepat, siswa dapat memperbaikinya.      

 

Soal  :

Perhatikan urutan sapaan pada pembuka pidato berikut!

Perbaikan penggunaan sapaan dalam ilustrasi tersebut adalah ….

  1. Yang saya paling hormati Bapak Kepala SMP Pelangi

Yang saya hormati Ibu Wakil Kepala SMP Pelangi

  1. Yang terhormat Bapak Kepala SMP Pelangi

Yang terhormat Wakil Kepala SMP Pelangi

  1. Yang terhormat Kepala SMP Pelangi

Yang saya hormati Wakil Kepala SMP Pelangi*

  1. Yang saya hormati Bapak Kepala SMP Pelangi

Yang saya hormati Ibu Wakil SMP Pelangi

Kunci              : C

Pembahasan  :

Penggunaan sapaan dalam pidato sesuai urutan dengan benar.

  1. Indikator SKL      : Menulis teks pidato

Indikator Soal    : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat

menentukan paragraf bagian pembuka, isi, atau penutup teks

pidato yang tepat

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

 

 

 

 

 

Bagian pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Lomba Kebersihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian pada kebersihan lingkungan sekolah, khususnya di kelas. Banyaknya siswa yang sakit di bulan ini menandakan bahwa kurangnya kesadaran kita pada kebersihan.
  2. Demikian pidato sambutan ini saya sampaikan. Semoga kegiatan Lomba Kebersihan Kelas tahun 2011/2012 berjalan lancar. Bila ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf.
  3. Pada kesempatan yang baik ini, sebelum rapat persiapan Lomba Kebersihan Kelas, marilah kita bersama-sama mengucap syukur kepada Tuhan YME karena kita semua senantiasa dilimpahi rahmat dan kesehatan.*
  4. Lomba Kebersihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah, khususnya di kelas. Dengan menjaga kebersihan akan menghindarkan diri kita dari penyakit.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Pembuka pidato berisi ucapan puji syukur yang sesuai ilustrasi, yaitu rapat persiapan Lomba Kebersihan Kelas. Jawaban yang tepat C.

  1. Indikator SKL   : Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah

/daftar pustaka

Indikator Soal    : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan

masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema.

Soal  :

Bacalah tema berikut!

Tema karya ilmiah: Perpustakaan digital penunjang kegiatan pembelajaran.

Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah …

  1. Siapa saja pengurus perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
  2. Di mana terdapat perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
  3. Mengapa perpustakaan digital sangat diperlukan keberadaannya di sekolah-sekolah?
  4. Bagaimana peran perpustakaan digital dalam menunjang kegiatan pembelajaran?*

Kunci              : D

Pembahasan  :

Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah serta dikemukakan secara ilmiah. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas. Rumusan masalah menggunakan kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban panjang dan mendetail (bagaimana, mengapa, apakah, …)

  1. Indikator SKL      : Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya Ilmiah

/daftar pustaka

Indikator Soal    : Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan

saran berdasarkan simpulan karya ilmiah.

Soal  :

Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

 

Saran yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …

  1. Pengendara wajib menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.*
  2. Sebaiknya sarana jalan raya di perluas sehingga kendaraan lancar.
  3. Pemerintah sudah mengupayakan pelebaran sarana angkutan darat.
  4. Pemerintah selama ini sudah tertib menjalankan disiplin lalu lintas.

Kunci              : A

Pembahasan  :

Saran dalam karya tulis adalah pendapat atau anjuran yang disampaikan, merujuk pada hasil penelitian. Kata kunci: … pengendara berdisiplin dalam berlalu lintas.

  1. Indikator SKL      : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal    : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan

perbaikan yang tepat.

Soal  :

Cermatilah kalimat berikut!

Sumbangan yang dalam bentuk daripada buku semacam ini layak agar dipertimbangkan.

Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ….

  1. yang, layak, agar.
  2. yang, daripada, agar*
  3. dalam, bentuk, daripada
  4. bentuk, daripada, buku

Kunci              : B

Pembahasan  :  Kalimat efektif menggunakan kata-kata yang tepat, tanpa ada kata tambahan yang bersifat mubazir (berlebihan) dan ambigu (bermakna ganda).

  1. Indikator SKL      : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal    : Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam

paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

Soal  :

Bacalah paragraf berikut!

Kota Lisboa di Portugal juga pernah mengalami tsunami hebat. tepatnya pada 1 November 1755 yang menewaskan lebih dari 60 ribu jiwa. Jauh sebelum tsunami Aceh (Desember 2004) dan kepulauan Mentawai (Oktober silam). Selat Sunda pernah mengalaminya setelah Gunung Krakatau Meletus pada 27 Agustus 1883.

 

 

 

 

Perbaikan penulisan huruf yang tepat pada paragraf tersebut adalah ….

 

Tertulis

Perbaikan

A

Lisboa, tsunami, tepatnya lisboa, Tsunami, Tepatnya

B

tepatnya, Sunda, Gunung Tepatnya, sunda, gunung

C

tepatnya,  kepulauan,  Meletus Tepatnya, Kepulauan, meletus*

D

tsunami, Selat, Meletus Tsunami, selat, meletus

 

Kunci              : C

Pembahasan  :

Sesuai kaidah EYD, huruf kapital digunakan untuk nama lokasi, tempat, dan pada awal kalimat.

  1. Indikator SKL      : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal    :  Disajikan beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragra   siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

 

Soal  :

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk kesimpulan tersebut adalah ….

  1. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata minat.
  2. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata siswa.*
  3. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata ruangan.
  4. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata koleksi.

Kunci              : B

Pembahasan  :

Sesuai dengan kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (.) dan penggunaaan tanda baca (,).

  1. Indikator SKL      : Melengkapi pantun

Indikator Soal    : Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan,

siswa dapat melengkapinya dengan tepat

Soal  :

Bacalah pantun berikut!

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….

  1. Kalau hendak dihargai orang*
  2. Mari kita semua bersyukur
  3. Sifat jujur modal utama
  4. Ingin jadi anak baik

Kunci              : A

Pembahasan  :

Sesuai syarat pantun dan data pada ilustrasi. Syarat pantun bersajak a-ba-b; baris pertama dan kedua sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

  1. Indikator SKL      : Melengkapi puisi

Indikator Soal    :  Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat

melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat.

Soal  :

Perhatikan kutipan puisi berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….

  1. waktu, berseri*
  2. muda, waktu
  3. berseri, muda,
  4. waktu, muda

Kunci              : A

Pembahasan  :

Diksi (pilihan kata) membulatkan makna puisi. Sesuai data pada kutipan puisi, pilihan jawaban yang tepat A.

  1. Indikator SKL: Melengkapi puisi

Indikator Soal: Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat

melengkapi puisi dengan larik bermajas.

Soal  :

Perhatikan kutipan puisi berikut!

 

 

 

 

 

 

 

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut  adalah ….

  1. Perahu para nelayan
  2. Putih warna pasir
  3. Berlari ke pantai*
  4. Langit cerah sekali

Kunci              : C

Pembahasan  :

Kita dapat melengkapi puisi rumpang dengan memperhatikan larik sebelum dan sesudah bagian yang dirumpangkan. Berlari ke pantai sesuai dengan larik di atasnya, Ombak berkejaran. Adapun Tak kenal lelah sesuai dengan larik bawahnya Terus berlari-lari.

  1. Indikator SKL      : Melengkapi naskah drama

Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat,

                               siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

Soal  :

Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

 

Ertia    : Mama susah sih…gak ngertiin anak remaja. Daar….!!! (melirik mama)

Mama  : Bukan begitu, Nak. Mama lakukan demi masa depanmu.

Ertia    : Mama selalu begitu, masa depan…masa depan!

Mama  : Ertia, semua mama lakukan demi kebaikanmu.

Ertia    : Ya…ya…Ma..semua demi masa depan Ertia.

Mama  : Nah gitu, itu baru anak mama.

Perbaikan petunjuk lakuan pada kutipan drama tersebut adalah …

  1. (menatap mama)
  2. (membanting pintu)*
  3. (memukul jendela)
  4. (mencium mama)

 

Kunci              : B

Pembahasan  :

Petunjuk lakuan disesuaikan dengan isi kalimat dialog pelaku. Lakuan membanting pintu yang sesuai untuk kalimat ; Daar!!!

  1. Indikator SKL      : Melengkapi naskah drama

Indikator Soal    : Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya

                               dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

Soal  :

Cermati kutipan naskah drama berikut!

 

Pemuda               : […] Kemari! Kemarilah! Jangan takut. Kamu mau ini?

Ambillah tidak usah takut. Ini rasanya enak, sungguh!

Gelandangan       : [masih ragu-ragu] Tapi aku tidak boleh menerima sesuatu

dari orang asing.

Pemuda               : Siapa yang melarangmu?

Gelandangan       : Kakak

Pemuda               : Kakakmu memang benar. Itu agar kamu berhati-hati.

Petunjuk lakuan naskah drama yang rumpang tersebut dapat dilengkapi dengan ….

  1. [mengacungkan tangan, dengan suara keras]
  2. [melambaikan tangan, dengan suara tegas]
  3. [melambaikan tangan, dengan suara lembut]*
  4. [mengepalkan tangan, dengan suara merintih]

Kunci              : C

Pembahasan  :

Dalam konteks drama tersebut, digambarkan Pemuda  sedang memanggil atau mengajak gelandangan. Petunjuk lakuan yang paling tepat adalah melambaikan tangan dengan suara lembut.

  1. Indikator SKL: Melengkapi naskah drama

Indikator Soal: Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa

Dapat melengkapinya dengan tepat.

 

 

Soal  :

Cermati kutipan naskah drama berikut!

 

Mami     :    Almiraa….! [setengah berteriak dari dapur]

Almira   :    Ada apa, Mi?

Mami     :    Tolong antarkan cheese cake ini ke rumah Bu Wanda.

Almira   :    … [1]

Mami     :    Vano masih kuliah. Lagipula, dia itu kan pemalu banget.

Almira   :    … (2)

[Mama matanya melotot ke Almira]

Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah …

  1. (1) Ya ampun, Mi. Aku baru pulang belanja.

(2) Pemalu? Males iya.*

  1. (1) Baik, Mi. Kak Vano yang pesan, ya?

(2) Iya. Mana kue yang mau kuantar?

  1. (1) Tidak mau, Mi. Itu kan tugas Vano?

(2) Tapi Kak Vano bintang kelas,Mi.

  1. (1) Di mana rumah Bu Wanda, Mi?

(2) Kak Vano teman Kak Bagas, Mi?

 

Kunci              : A

Pembahasan  :

Berdasarkan konteks yang berupa dialog tentang Almira yang males-malesan. Ia malas sewaktu diminta ibunya mengantarkan kue.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s