silabus Kelas IX/2

SILABUS

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

 

Kompetensi Inti       :

KI 1         : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam

berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3         : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,

seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4         : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah

abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang

sama dalam sudut pandang/teori.

============================================================================================================

Satuan Pendidikan   : SMP

Kelas/Semester        : IX/GENAP

Unit                                         : 3

Jenis Teks                                : Tantangan

 

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER

1.1          Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya

1.2          Menghargai dan  mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

1.3          Menghargai dan  mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

Teks Tantangan:

  • Definisi teks tantangan
  • Struktur isi teks tantangan: (1) pengantar yang berisi pernyataan tentang topik yang hendak dibantah (2) argument, memuat rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan (3) simpulan berupa pernyataan yang menegaskan bantahan.
  • Fitur bahasa teks tantangan
Pertemuan ke-1

1)       Mengamati model teks tantangan dengan cermat.

2)       Mengajukan pertanyaan terkait dengan struktur isi teks tantangan.

3)       Mengajukan pertanyaan terkait dengan fitur bahasa teks tantangan.

4)       Mengeksplorasi struktur isi dan fitur bahasa teks tantangan melalui diskusi kelompok.

5)       Mengasosiasi struktur isi dan fitur bahasa teks tantangan dengan teks yang mirip melalui diskusi kelompok.

6)       Mengomunikasikan hasil diskusi. melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh percaya diri.

7)       Menanggapi hasil presentasi secara santun.

 

Pertemuan ke-2

1)       Mengamati model teks tantangan dengan membacanya secara cermat.

2)       Mengajukan pertanyaan terkait dengan kata-kata sulit dalam teks tantangan.

3)       Mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks tantangan, mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.

4)       Mengeksplorasi isi teks tantangan yang dibaca melalui diskusi kelompok.

5)       Mengasosiasi isi teks tantangan dengan referensi yang relevan.

6)       Mengomunikasikan hasil diskusi tentang isi teks tantangan melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh percaya diri.

7)       Menanggapi hasil presentasi secara santun.

 

Pertemuan ke-3

1)       Mengamati fenomena/pernyataan yang hendak dibantah dengan membacanya atau mencermatinya secara kritis.

2)       Mengeksplorasi secara kritis fenomena/pernyataan yang hendak dibantah dengan menelusuri berbagai sumber terpercaya

3)       Menyusun hasil eksplorasi dalam bentuk teks tantangan yang memuat: pengantar yang berisi pernyataan tentang topic yang hendak dibantah, rangkaian argument pendukung, dan simpulan yang berisi penegasan terhadap bantahan yang diajukan.

 

 

Pertemuan ke-4

1)       Mengamati teks tantangan yang ditulis teman/kelompok lain.

2)       Menelaah teks tantangan yang ditulis teman/kelompok lain mulai dari ketepatan judul, kebenaran pengantar, ketepatan argumen, dan ketepatan simpulan.

3)       Mengomunikasikan hasil telaah kepada penulis

4)       Merevisi teks tantangan sesuai dengan hasil telaah

5)       Memublikasikan teks tantangan di majalah dinding, majalah sekolah, atau blog.

 

 

 

 

 

Pertemuan ke-1

Portofolio:

  • Menemukan contoh teks tantangan
  • Mengidentifikasi struktur isi dan fitur bahasa teks tantangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke-2

Tes tulis: esai dan objektif

  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks tantangan, mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke-3

Uji petik kerja:

  • Menulis teks tantangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke-4

  • Menyunting teks tantangan
  • Memublikasikan teks tantangan

 

3 X 4 kali pertemuan X 40’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Contoh teks tantangan dari internet
  • Contoh teks tantangan dari media massa cetak
  • Buku referensi tentang genre teks
2.3     Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah
3.1     Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

3.2     Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

3.3          Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

3.4          Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.1     Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan

4.2     Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

4.3          Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4.4          Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s